Salin Artikel

Kera Liar Masuk ke Rumah Warga di Gresik, Petugas Damkar Lakukan Evakuasi

Kera liar itu sempat membuat penghuni rumah ketakutan. Suci pun melaporkan peristiwa itu kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik.

Kepala Damkarla Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, laporan itu diterima pada Kamis (17/11/2022) pukul 16.11 WIB. Petugas langsung turun ke lapangan melakukan evakuasi.

"Hewan kera liar itu diketahui tiba-tiba melompat dari luar menuju ke atap rumah Ibu Suci, di lantai dua yang ada jemurannya. Di atap juga ada lubang," ujar Sinaga saat dikonfirmasi, Kamis.

Sinaga menjelaskan, kera liar itu sempat dilihat salah seorang penghuni rumah dan membuatnya ketakutan. Penghuni itu menghubungi Damkarla Gresik untuk permohonan evakuasi.

"Ada delapan petugas yang kemudian mendatangi lokasi, tiba di lokasi sekitar pukul 16.35 WIB," ucap Sinaga.

Petugas, kata dia, sempat mendapat kendala saat mengevakuasi kera liar tersebut. Evakuasi baru selesai dilakukan pukul 16.57 WIB.

Setelah ditangkap, kera itu dibawa ke Pos Damkarla Gresik. 

"Saat penyelamatan (evakuasi), petugas agak kesulitan meskipun dengan alat. Karena hewan kera liar itu ketakutan dan berlarian ke sana-kemari saat akan ditangkap, namun tidak lama kemudian hewan kera liar dapat ditangkap dan dibawa ke pos kota," kata Sinaga.

Menurut data yang dimiliki Damkarla Gresik, evakuasi terhadap kera liar di rumah Suci Lestari tersebut menjadi agenda yang kedelapan selama November 2022.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/17/225141178/kera-liar-masuk-ke-rumah-warga-di-gresik-petugas-damkar-lakukan-evakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke