Salin Artikel

Sebagian Atap Pendopo Gresik Ambruk, Pemkab Akui Bangunan Keropos

GRESIK, KOMPAS.com - Sebagian dari atap depan pendopo Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang berada di sekitaran Alun-alun Gresik ambruk, Minggu (13/11/2022). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

Bangunan atap yang ambruk memiliki ukuran sekitar 7x8 meter persegi. Lokasinya berada di depan rumah dinas Bupati Gresik.

Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gresik, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik dan beberapa unsur terkait lain, membersihkan material ambrukan sekitar pukul 14.30 WIB.

"Tidak ada angin kencang, tapi tiba-tiba ambruk. Memang bangunannya sudah keropos, untung tidak ada korban," ujar Imam Subakir, salah seorang pegawai dari Bagian Umum Pemkab Gresik kepada awak media, Minggu.

Kepala Bagian Umum Pemkab Gresik, Setyo Hermawan membenarkan, beberapa bagian atap pendopo yang ambruk sudah lapuk. Ada tiang bangunan dan juga bagian kayu penyangga atap yang telah keropos akibat dimakan rayap.

"Sudah dianggarkan pada 2023, rencananya dilakukan pembongkaran untuk dibuat taman," ucap Hermawan.

Namun sebelum rencana pembongkaran dilaksanakan, atap pendopo lebih dulu ambruk. Sehingga Bagian Umum Pemkab Gresik mengupayakan percepatan penanganan. 

"Kalau bisa nanti akan coba kami geser anggaran untuk 2023 tersebut (agenda pembongkaran), untuk tahun ini. Akan coba kami upayakan," tutur Hermawan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/13/190924778/sebagian-atap-pendopo-gresik-ambruk-pemkab-akui-bangunan-keropos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke