Salin Artikel

Wali Kota Surabaya: Kalau Anak Tak Mau Belajar karena Tak Ada PR, Salah Orangtua Tak Bentuk Karakternya

Kebijakan tersebut, mulai diterapkan pemkot saat peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, yang dihapuskan hanyalah PR akademik sekolah dan diubah menjadi karakter.

"Jadi nanti dia (pelajar) pulang diberikan pendidikan karakter seperti shalat, (menjadi) pemimpin atau apa pun itu tetap ada. Saya berharap pendidikan karakter ini tidak hanya dibebankan kepada guru atau sekolah, tapi juga orangtua," kata Eri di Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Eri mengakui masih banyak orangtua takut anak-anak mereka tidak mau belajar di rumah jika tidak ada PR.

Menurut Eri, hal itu lantaran karakter anak belum terbentuk. Jika karakter sudah terbentuk, maka tanpa diperintah anak-anak pasti akan belajar dengan sendirinya.

"Siapa yang paling lama ketemu anak, adalah orangtua. Jadi orangtua saya nyuwun tolong (minta tolong) dibantu (membentuk) karakter anak-anaknya. Jadi anak itu tanpa diminta (belajar) sudah bergerak sendiri hatinya," tutur Eri.

"Maka saya minta tolong untuk orangtua itu, jangan anak ini kalau tidak ada PR tidak mau belajar. Ya berarti salah orangtuanya karena tidak membentuk karakter anaknya," lanjut dia.


Menurutnya, karakter sang anak ini akan cepat terbentuk ketika turut digerakkan oleh para orangtua mereka.

"Kalau tidak ada pendidikan karakter, maka PR (akademik) itu hanya untuk anaknya pintar, untuk anaknya tidak nakal, ya tidak seperti itu," terang dia.

Eri meyakini, jika karakter anak di Surabaya sudah terbentuk, maka tidak akan ada kenakalan remaja.

Termasuk tawuran antarsiswa atau pelajar yang minum-minuman keras.

"Karakter kebangsaan ada di mana? Ada di agama, orangtua dan sekolah, ini tidak terpisahkan. Karena itu saya berharap, dengan semangat Hari Pahlawan, ayo para orangtua, guru, kiai, semua tokoh agama dan masyarakat di Kota Surabaya bersatu untuk (membentuk) karakter. Karena inilah filosofinya Merdeka Belajar," tutur Eri.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/10/190616478/wali-kota-surabaya-kalau-anak-tak-mau-belajar-karena-tak-ada-pr-salah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke