Salin Artikel

Pencarian Hari Ke-3, Balita yang Tenggelam di Sungai Brantas Belum Ditemukan

Sebelumnya, balita bernama Rosyid Al Kahfi (3,5), warga Kelurahan Banjarmlati, Kecamatan Mojoroto, itu dilaporkan hilang sejak Senin (7/11/2022) pagi.

Komandan Tim (Dantim) Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Trenggalek Imam Nahrowi mengatakan, pola pencarian masih sama dengan hari sebelumnya, yaitu memecah tim menjadi tiga kelompok.

Sebanyak dua tim menggunakan perahu karet menyisir sepanjang sungai hingga radius 10 kilometer.

"Radius itu tembus ke bendungan Waru Turi yang ada di wilayah Gampengrejo Kabupaten Kediri," ujar Imam Nahrowi di Kediri, Kamis (10/11/2022).

Sedangkan tim darat, bertugas menyusuri tepian sungai yang berhulu di Bumiaji, Kota Batu itu.

Selama penyusuran itu, pihaknya terkendala debit air maupun arus yang cukup besar. Apalagi kondisi air juga keruh bercampur tanah.

Pihaknya juga sempat mencurigai beberapa titik tumpukan sampah yang tersangkut di sungai. Namun setelah dibersihkan, korban tidak ditemukan.

"Kita curigai sampah-sampah di bawah jembatan. Lalu kita bersihkan, tapi tetap nihil," lanjutnya.

Tim SAR mendirikan posko pencarian di sekitar lokasi hilangnya korban. Posko itu, kata Imam, akan dioperasikan hingga tujuh hari, sebagaimana prosedur SAR atau berdasarkan hasil evaluasi yang ada.

"Posko di dekat kafe yang ada di lokasi," pungkasnya.

Sebelumnya, operasi pencarian itu dilakukan setelah Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri mendapatkan informasi hilangnya korban dari pihak kepolisian, Selasa (8/11/2022).

Korban dilaporkan hilang setelah keluar rumah melalui jendela pada Senin pagi.

Dari pantauan kamera CCTV sebuah kafe di dekat rumah korban, terpantau balita yang masih mengenakan popok dan kaos dalam warna putih berjalan mengarah ke bantaran Brantas.

Dari titik itulah korban hilang diduga hanyut di sungai terpanjang ke dua di Jawa Timur itu dan operasi pencarian pun mulai dilakukan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/10/144507578/pencarian-hari-ke-3-balita-yang-tenggelam-di-sungai-brantas-belum-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke