Salin Artikel

Kondisi Terkini Usai Kebakaran Pabrik Rokok PT Gudang Garam di Kediri

Video-video yang beredar di dunia maya itu menggambarkan kobaran api yang cukup besar.

Kebakaran itu dipadamkan pada Selasa (8/11/2022) pagi. Api dipadamkan setelah tim pemadam kebakaran Kota Kediri dan internal perusahaan berjibaku menjinakkan si jago merah.

Hingga kini, penyebab kebakaran belum diketahui. Demikian juga taksiran kerugian materiel akibat insiden itu.

Upaya konfirmasi kepada kepolisian sudah dilakukan. Namun Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi belum merespons. Sementara itu, Kapolsek Kediri Kota AKP Mustakim enggan memberikan penjelasan.

"Informasinya satu pintu di Polres," ujar Mustakim saat dikonfirmasi, Selasa.

Kondisi di lokasi kebakaran

Kawasan Jalan Mataram, terutama di sekitar simpang empat Semampir, merupakan kawasan pergudangan.

Pada kiri dan kanan jalan, terlihat bangunan industrial dengan pagar besi nuansa warna merah. Warna ini identik dengan bangunan-bangunan milik PT Gudang Garam lainnya.

Suasana luar di jalan raya jalur kawasan tersebut terlihat biasa pada Selasa sore. Tidak terlihat seperti ada peristiwa kebakaran yang baru saja terjadi.

Ada pun bangunan gudang yang terbakar, berada di deretan bagian belakang pergudangan. Lokasinya tidak terlihat dari depan.

Dilihat lebih dekat dari sisi samping juga tidak begitu terlihat karena tertutup pagar yang tinggi. Hanya terlihat bagian atap yang rusak bekas terbakar.


Atap yang gosong itu cukup mencolok di antara beberapa atap bangunan lain yang saling berdekatan itu.

"Itu kalau penanganannya tidak cepat, pasti sudah merembet ke mana-mana," ujar salah satu warga sekitar bernama Sugiono di lokasi.

Sementara itu, manajemen PT Gudang Garam Tbk menyebut titik kebakaran adalah salah satu gudang penyimpanan barang penunjang (barang non produksi).

Kebakaran tak sampai mempengaruhi aktivitas operasional produksi di pabrik tersebut.

"Kebakaran yang terjadi pada Senin malam 7 November 2022 tidak menimbulkan dampak apapun terhadap kegiatan operasional pabrik, karena lokasi tersebut adalah area penyimpanan barang penunjang yang tidak berkaitan dengan kegiatan produksi," ujar Manajemen PT Gudang Garam Tbk dalam keterangan tertulisnya.

Selain sudah bisa teratasi, manajemen memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/08/185545278/kondisi-terkini-usai-kebakaran-pabrik-rokok-pt-gudang-garam-di-kediri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke