Salin Artikel

Kesaksian Warga Saat Pabrik Rokok PT. Gudang Garam di Kediri Terbakar

Menurutnya kebakaran tersebut terjadi pada Senin (7/11/2022) tengah malam hingga Selasa (8/11/2022) pagi.

Adapun rumah Sugiono berjarak sekitar 150 meter dari lokasi kebakaran.

"Dari rumah saya cukup jelas, apinya tinggi," kata dia saat ditemui di bengkel tambal ban dekat lokasi, Selasa (8/11/2022).

Bengkel tambal ban sederhananya berada di samping kawasan gudang milik PT Gudang Garam dan dipisahkan oleh sebuah sungai kecil.

"Pabriknya itu masuk wilayah kotamadya, sedangkan sini (bengkel tambal ban) sudah masuk Desa Karangrejo Kabupaten Kediri," ujar Sugiono.

Tukang tambal ban yang juga mantan buruh di pabrik PT. Gudang Garam itu mengaku tidak mengetahui pasti asal mula terjadinya kebakaran.

Namun saat api berkobar, beberapa kali terdengar suara letupan kecil. 

"Ini salah satu benda-benda yang beterbangan saat terbakar," ujar Sugiono sambil menunjuk serpihan benda yang gosong di dekat bengkelnya.


Pada Selasa (8/11/2022) pagi, menurutnya, sudah tidak ada lagi api yang berkobar.

"Jam 05:30 WIB tadi sudah padam," katanya.

Pada kiri dan kanan jalan tampak bangunan industrial dengan pagar besi nuansa warna merah. Warna ini identik dengan bangunan-bangunan milik PT. Gudang Garam.

Suasana luar di jalan raya jalur kawasan tersebut pada Selasa sore terlihat seperti biasa.

Adapun bangunan gudang yang terbakar, berada di deretan bagian belakang pergudangan. Lokasinya tidak terlihat dari depan.

Hanya terlihat bagian atapnya saja, yang tampak mengalami kerusakan dan gosong bekas terbakar.

Manajemen PT. Gudang Garam Tbk menyebut, titik kebakaran adalah salah satu gudang penyimpanan barang penunjang (barang non produksi). Sehingga tidak sampai memengaruhi aktivitas operasional produksi pabrik.

"Kebakaran yang terjadi pada Senin malam 7 November 2022 tidak menimbulkan dampak apapun terhadap kegiatan operasional pabrik, karena lokasi tersebut adalah area penyimpanan barang penunjang yang tidak berkaitan dengan kegiatan produksi," ujar Manajemen PT Gudang Garam Tbk. dalam keterangan tertulisnya.

Selain sudah bisa teratasi, manajemen memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/08/181418778/kesaksian-warga-saat-pabrik-rokok-pt-gudang-garam-di-kediri-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke