Salin Artikel

Hujan Deras Disertai Angin di Jember, Pohon di 4 Kecamatan Tumbang ke Jalan

JEMBER, KOMPAS.com – Hujan deras disertai angin di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyebabkan sejumlah pohon tumbang, Senin (7/11/2022). Insiden pohon tumbang tersebut terjadi di empat kecamatan, yakni di Kecamatan Kaliwates, Ajung, Ambulu dan Silo.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo menjelaskan, hujan deras disertai angin terjadi pada pukul 11.00 WIB.

"Ada empat titik pohon tumbang hingga ke tengah jalan,” kata dia kepada Kompas.com via telepon.

Heru merinci, lokasi pohon tumbang yakni di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates. Di sana, terdapat pohon dengan diameter sekitar 40 sentimeter tumbang hingga menghalangi jalan.

“Selain itu, ada juga di depan Transmart Jember, satu pohon trembesi tumbang ke jalan,” ucap dia.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun jalan di jalur tersebut sempat mengalami kemacetan.

Selain itu, tambah Heru, pohon tumbang juga terjadi di Desa Klompangan, Kecamatan Ajung. Terdapat pohon trembesi dengan diameter 80 sentimeter yang tumbang dan dua pohon kersen menutup akses jalan desa.

“Di sana juga ada tenda yang roboh karena terkena angin,” tambah dia.

Selanjutnya, pohon dengan diameter 70 sentimeter di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, juga tumbang. Bahkan, pohon itu mengenai tiang listrik yang ada di pinggir jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalur Garahan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo. Ada pohon dengan diameter 50 sentimeter tumbang ke jalan dan menyababkan arus lalu lintas rute Jember-Banyuwangi macet.

“Pohon tumbang juga terjadi di Garahan, depan gapura,” ujar dia.

Heru mengatakan, pihak BPBD Jember sudah mendatangi lokasi untuk melakukan pemotongan pohon yang tumbang itu.

Dia mengimbau agar masyarakat waspada ketika sedang berkendara saat hujan. Sebab berpotensi ada pohon tumbang di sejumlah titik.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/07/152042878/hujan-deras-disertai-angin-di-jember-pohon-di-4-kecamatan-tumbang-ke-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke