Salin Artikel

Sempat Hilang Terbawa Arus, Uang Rp 12 Juta Milik Korban Banjir Banyuwangi Akhirnya Kembali

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Hari Sas menjadi salah satu korban terdampak banjir bandang di Banyuwangi, Jawa Timur, yang masih beruntung.

Warga Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, itu kembali mendapatkan uang senilai Rp 12 juta miliknya yang sebelumnya sempat hilang terbawa arus banjir.

Hari mengatakan, uang Rp 12 juta tersebut merupakan hasil dari meminjam di salah satu bank. Tujuannya meminjam uang itu untuk membiayai pengobatan adiknya di rumah sakit.

"Alhamdulillah, kami bersyukur uang itu ketemu," kata Hari kepada Kompas.com, Senin (7/11/202).

Hari mengatakan, saat banjir terjadi pada Kamis (3/11/2022) malam, dirinya tidak sempat menyelamatkan barang berharga miliknya, termasuk uang.

Banjir datang secara tiba-tiba, bahkan seluruh perabot rumah Hari hanyut dan peralatan dapur rumah hilang terbawa air banjir.

"Pikir saya waktu itu, yang penting selamat," ungkap Hari.

Beberapa hari setelah banjir terjadi, Hari tak menyangka, uang Rp 12 juta yang hanyut terbawa banjir itu akhirnya kembali.

Uang pecahan Rp 100.000 itu ditemukan oleh seorang relawan, tak jauh dari rumah Hari.

Saat ditemukan, uang tersebut masih terikat rapi oleh tali karet kecil dalam keadaan tertimbun reruntuhan bangunan. Kondisinya tertutup lumpur.

Usai ditemukan, uang Rp 12 juta tersebut langsung dicuci dengan air bersih. Oleh para relawan uang itu kemudian dikembalikan kepada Hari.

"Saya tidak menyangka, saya terima kasih kepada para relawan dan semua pihak yang membantu. Alhamdulillah kami bersyukur," ujar Hari.

Dari enam desa itu, Desa Kalibaru Wetan yang terdampak cukup parah.

Data sementara BPBD Banyuwangi, di Kalibaru Wetan banjir mengakibatkan 36 rumah rusak berat, 13 rusak sedang, 13 rusak ringan, serta kendaraan dan hewan ternak hanyut.

Selain itu, banjir juga menyebabkan dua jembatan putus yang berada di Dusun Krajan, Desa Kajarharjo. Beruntung dalam bencana alam itu tidak ada korban jiwa.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/07/111036078/sempat-hilang-terbawa-arus-uang-rp-12-juta-milik-korban-banjir-banyuwangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke