Salin Artikel

2 Hari Pencarian, Korban Tertimbun Longsor di Malang Akhirnya Ditemukan

Ahmad ditemukan setelah tim dua hari melakukan penggalian.

Warga Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang itu ditemukan dalam kondisi tertimpa batu di bawah timbunan tanah sedalam kurang lebih 6 meter.

"Ia ditemukan sekitar pukul 08.55 WIB," ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan melalui sambungan telepon, Kamis (3/11/2022).

Sebelum menemukan korban, relawan gabungan awalnya menemukan sepeda motor milik korban yang juga turut tertimbun sekitar pukul 06.00 WIB.

Kemudian sekitar 3 meter dari tempat sepeda motor ditemukan, ada tubuh korban.

"Saat ini korban sudah berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah duka," jelasnya.

Selama pencarian, relawan gabungan melakukan penggalian, baik secara manual maupun dengan cara disemprot untuk mempercepat proses penggalian.

"Proses pencarian memang cukup lama, karena timbunan longsor cukup dalam, yakni 6 meter dengan luas mencapai 300 meter persegi," tutur Sadono.


Sebelumnya diberitakan, korban Ahmad Amin diduga tertimbun longsor saat temannya, Ilham (30) tidak melihat korban yang sebelumnya melaju di belakangnya menggunakan sepeda motor.

"Mereka awalnya berjalan beriringan menggunakan sepeda motor masing-masing, hendak melakukan ojek bambu. Karena tidak kelihatan akhirnya Ilham putar balik, dan melihat jalan yang sebelumnya dilalui sudah tertimbun longsor," ujarnya.

Melihat kondisi itu, Ilham menduga kuat temannya ikut tertimbun. Sehingga ia melaporkan peristiwa itu ke keluarga korban dan perangkat desa.

"Saat kejadian, di kawasan tersebut cuacanya hujan cukup deras, sehingga mengakibatkan tebing di pinggir jalan longsor dan menutup akses jalan," pungkas Sadono.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/03/130829878/2-hari-pencarian-korban-tertimbun-longsor-di-malang-akhirnya-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke