Salin Artikel

Dugaan Oknum Sipir Lapas Malang Terlibat Peredaran Narkoba, Begini Tanggapan Kalapas

Terlulis ajakan aksi pada Jumat (4/10/2022) di depan Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Tuntutan dari aksi itu yakni memecat dan memenjarakan oknum sipir berinisial W yang diduga menjadi kurir narkoba di Lapas Kelas I Malang.

Kemudian, tuntutan lainnya, memecat Kalapas Lowokwaru karena dinilai tidak berani memproses stafnya berinisial W yang masih bekerja.

Selain itu, menuntut dipecatnya Kadivpas Kanwil Jatim yang dinilai telah memberikan informasi bohong bahwa oknum sipir berinisial W telah dilaporkan ke kepolisian.

Tanggapan Kalapas

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari mengatakan informasi terkait oknum sipir berinisial W hingga saat ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Namun, tim investigasi dari Kanwil Kemenkumham Jatim telah mendatangi Lapas Kelas I Malang pada Senin (31/10/2022).

"Tim melakukan pemeriksaan dari kanwil. Jadi investigasi itu dilakukan kemarin Senin sekitar jam 08.00, setelah itu melakukan wawancara dengan pegawai, ya kami persilakan saja," kata Heri.


Heri menyampaikan, investigasi dilakukan oleh tim dari bagian Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Tim memeriksa empat hingga lima pegawai Lapas Kelas I Malang yang memiliki inisial W.

Tim tersebut terdiri dari tiga orang dan dipimpin langsung oleh Kabid Pelayanan Tahanan, Rehabilitasi, Pengelolaan Barang Rampasan Negara dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Jatim, Slamet Supartono.

"Dari hasil itu kami tidak diberitahu karena nantinya pasti akan diinformasikan, nanti setelah dilakukan laporan maka mungkin ada informasi yang lebih lanjut, yang akan saya sampaikan," katanya.

Keamanan Lapas dipertebal

Heri mengatakan soal kebenaran sosok W yang diduga terlibat peredaran narkoba, masih menunggu hasil investigasi.

Dia juga menegaskan, bagi pihak-pihak yang mengetahui sosok W, bisa mendatangi Lapas Kelas I Malang untuk melakukan konfirmasi.

"Kebenaran mana yang ditanyakan, nah itu nanti dibuktikan oleh pemeriksaan kemarin, silakan bilang ke saya kalau dapat informasi, karena mereka semuanya melakukan pendalaman terhadap apa yang dimaksud itu," katanya.

Heri menyampaikan, pihaknya juga telah melakukan penebalan keamanan lapas. Seperti pemeriksaan petugas yang akan masuk ke area lapas dan barang kiriman yang ditujukan kepada warga binaan.

"Dari depan itu sudah kami perketat, kemudian jaring-jaring di bagian lapas juga diperkuat. Sehingga apabila ingin melempar barang masuk, akan sulit menjangkau ke blok yang dihuni warga binaan," katanya.

Pihaknya juga terus berkomitmen menangkal semua hal yang bersangkutan dengan narkoba.

"Selain itu kami serius, bahkan petugas kami sampai diteror (dilempar bom bondet) seperti beberapa waktu lalu," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/02/125625278/dugaan-oknum-sipir-lapas-malang-terlibat-peredaran-narkoba-begini-tanggapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke