Salin Artikel

Gunung Semeru Alami 619 Letusan dalam Seminggu

LUMAJANG, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) belum menurunkan status Gunung Semeru dari Level III Siaga.

Sebab, dalam evaluasi mingguan, Pos Pantau Gunung Semeru masih mendeteksi ada 619 kali letusan atau erupsi selama periode 17-23 Oktober 2022.

Selain itu, terekam juga 3 kali gempa guguran, 34 kali gempa hembusan, 39 kali gempa vulkanik dalam, dan 12 kali getaran banjir.

Secara visual, saat Gunung Semeru tidak tertutup kabut saat malam hari, api diam di puncak Jonggring Saloko dan guguran lava pijar akan terlihat jelas.

Guguran lava pijar yang teramati bisa mencapai 500 meter dari puncak Jonggring Saloko mengarah ke Besuk Kobokan.

Sedangkan, asap letusan berwarna putih kelabu setinggi 200 - 700 meter terpantau mengarah ke barat dan selatan.

Menurut pemantauan tiltmeter PVMBG, hal ini menunjukkan adanya peningkatan tekanan pada Gunung Semeru. Sehingga, erupsi hingga hembusan bisa terjadi kapan saja.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengatakan, aktivitas Gunung Semeru memang sangat fluktuatif. Artinya, sewaktu-waktu aktivitas vulkanik Semeru bisa turun atau meningkat.

Meski begitu, menurut Patria, aktivitas Semeru masih bisa dikatakan normal dan aman.

"Kalau kondisi cuaca cerah, kecil maupun besar, lava pijar bisa terlihat jelas. Tapi ini kan cuacanya sedang tidak menentu, apalagi kalau hujan deras sangat berpotensi terjadi banjir lahar," kata Patria.

Dengan status Gunung Semeru yang masih belum turun, masyarakat diminta untuk tidak beraktivitas di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak Semeru.

Sebab, di sepanjang Besuk Kobokan sangat berpotensi terdampak awan panas guguran.

Di luar area itu, masyarakat juga dilarang beraktivitas dalam radius 500 meter dari tepi sungai yang berhulu ke Gunung Semeru.

"Maka dari itu, imbauan sekecil apapun mohon masyarakat memperhatikan," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/27/192948878/gunung-semeru-alami-619-letusan-dalam-seminggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke