Salin Artikel

Kunjungi Ponpes Genggong Probolinggo, Anies: Tak Ada Hubungan dengan Pilpres

Anies mengaku, kunjungannya ini hanya untuk silaturahim dan ziarah ke makam para pendiri Pondok Pesantren itu. 

"Ini kunjungan pertama saya ke Genggong. Kunjungan saya tidak ada sangkut pautnya dengan pilpres. Hanya menyambung silaturrahim dan ziarah ke makbarah KH. Moh Hasan atau kiai sepuh," kata Anies.

Terkait Pilpres, Anies mengaku belum mempersiapkan strategi khusus untuk memantapkan persiapannya berkontestasi dalam Pilpres 2024. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bersikap mengalir sambil melihat peta politik selanjutnya.

Pengasuh Ponpes Zainul Hasan KH Mutawakkil Alallah menyambut kedatangan Anies dengan ramah dan hangat. Kiai Mutawakkil mengantar Anies keliling pesantren dan berziarah ke makam pendiri dengan mobil golf.

Menurut Kiai Mutawakkil, dirinya dan Anies hanya berbincang kisah kiai sesepuh. Kakek Anies dan kiai sepuh sama-sama berjuang di masa penjajahan.

Kiai mutawakkil meminta Anies konsisten meneruskan perjuangan kakeknya.

Semangat kakeknya yang merupakan salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan ayahnya yang merupakan tokoh nasional dapat diteruskan oleh Mantan Menteri Pendidikan tersebut.

"Kakeknya Abdur Rahman Baswedan pahlawan. Bapaknya Rasyid Baswedan Tokoh Nasional. Begitupun beliau yang merupakan tokoh nasional, saya harap bisa meneruskan semangat sesepuhnya dengan tidak meninggalkan nilai spiritual atau keagamaan dan nilai kebangsaan," tukas Kiai Mutawakkil.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/26/212127878/kunjungi-ponpes-genggong-probolinggo-anies-tak-ada-hubungan-dengan-pilpres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke