Salin Artikel

4 Desa di Gresik Banjir, Rendam Rumah Warga hingga Area Persawahan

GRESIK, KOMPAS.com - Empat desa yang terletak di Kecamatan Balongpanggang, Gresik, Jawa Timur, banjir akibat hujan deras yang melanda kawasan itu, Senin (24/10/2022).

Empat desa itu adalah Desa Pucung, Desa Dapet, Desa Wotansari dan Desa Sekarputih. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik masih melakukan monitoring terkait dampak bencana banjir tersebut.

"Ya, Desa Wotansari di Kecamatan Balongpanggang, air sudah masuk. Saat ini, teman-teman masih di lapangan," ujar Kepala BPBD Gresik Darmawan saat dihubungi, Senin.

Sementara itu, Camat Balongpanggang, Muhammad Amri menjelaskan, banjir mulai menggenangi wilayah Desa Wotansari, Dapet, Sekarputih dan Pucung, menjelang siang. Air tidak hanya menggenangi jalan poros desa dan area persawahan, namun juga menggenangi perumahan warga.

"Di Desa Pucung, ketinggian air sekitar 20 sampai 30 sentimeter, dengan yang tergenang, ada jalan poros desa sepanjang 200 meter dan persawahan sekitar 25 hektare," kata Amri.

Sementara di Desa Wotansari, ketinggian air mencapai sekitar 30 hingga 40 sentimeter. Merendam sekitar 10 rumah warga, jalan lingkungan sepanjang 600 meter, jalan poros desa 200 meter dan area persawahan sekitar 35 hektare. Sedangkan di Desa Dapet, banjir membuat dua rumah warga dan 4 hektare sawah tergenang.

Tidak jauh beda dengan kondisi banjir di Desa Wotansari, di Desa Sekarputih ketinggian air juga mencapai 30 hingga 40 sentimeter. Banjir itu merendam sebanyak 50 rumah warga, jalan lingkungan sepanjang 350 meter dan area persawahan seluas 25 hektare.

"Sekarang air sudah mulai menyusut. Semoga tidak lagi turun hujan supaya air dapat cepat menyusut, meski di sini saat ini sudah mendung," ucap Amri.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/24/162516078/4-desa-di-gresik-banjir-rendam-rumah-warga-hingga-area-persawahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke