Salin Artikel

PBNU Gelar Apel Hari Santri di Pesantren Tebuireng Jombang

Selain diikuti 5.000 santri yang hadir langsung di lokasi apel, kegiatan tersebut juga diikuti secara daring oleh ribuan santri lainnya yang tersebar di 528 lokasi se-ndonesia.

Hadir dalam apel hari santri di Pesantren Tebuireng, antara lain Pengasuh Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, serta Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, usai apel hari santri mengatakan, dipilihnya Ponpes Tebuireng sebagai tempat apel nasional hari santri merupakan bagian dari upaya napak tilas perjuangan para kiai dan santri di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Rentetan peristiwa bersejarah terkait perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari pengaruh Kiai Hasyim Asy'ari, pendiri dan pengasuh Pesantren Tebuireng.

Sebelum itu, jelas dia, ada fatwa jihad yang dikeluarkan Kiai Hasyim yang memicu semangat rakyat, santri, dan kiai untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Resolusi jihad itu dikeluarkan pada 22 Oktober, tapi sebelumnya pada 9 September Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari sudah mengeluarkan fatwa tentang wajibnya melakukan perlawanan terhadap para penjajah, sehingga sejak itu sudah pecah pertempuran di berbagai daerah," kata Yahya Tsaquf di Pesantren Tebuireng Jombang, Sabtu.

Dia mengungkapkan, peringatan Hari Santri Nasional merupakan momentum untuk mengingatkan santri agar selalu mengenang jasa pahlawan.

Momentum hari santri diharapkan juga bisa menjadi pengingat bahwa konteks perjuangan dan jasa para kiai, tidak sebatas pada kalangan santri maupun ulama saja.


Terkait peringatan hari santri nasional, Yahya Tsaquf meminta para santri di Indonesia meneladani perjuangan dan etos belajar yang diwariskan para kiai.

Para santri diharapkan tidak hanya belajar soal ilmu pengetahuan, tetapi juga belajar untuk memperkuat aspek rohani.

"Terutama berpegang teguh pada etos untuk menuntut ilmu sebaik-baiknya. Kemudian, berpegang teguh pada etos rohani sekuat-kuatnya, sehingga bukan ilmu pengetahuan secara akal saja yang dicerna, melainkan juga kekuatan yang tumbuh di dalam jiwa," kata Yahya Tsaquf.

Dalam apel peringatan Hari Santri Nasional di Pesantren Tebuireng yang juga diikuti secara daring oleh ribuan santri dari berbagai daerah, dilakukan pembacaan fatwa Resolusi Jihad.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/22/124231178/pbnu-gelar-apel-hari-santri-di-pesantren-tebuireng-jombang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke