Salin Artikel

Alami Gejala Gagal Ginjal Akut, Anak di Madiun Dirujuk ke Surabaya

MADIUN, KOMPAS.com - Seorang anak asal Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terpaksa harus dirujuk ke salah satu rumah sakit di Surabaya setelah diketahui mengalami gejala gagal ginjal akut.

"Anak itu kami rujuk ke Surabaya karena mengalami gejala gagal ginjal akut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono, Jumat (21/10/2022).

Pria yang akrab disapa Sulis itu menceritakan, sebelum dirujuk ke rumah sakit di Surabaya, anak tersebut mengalami gangguan saat buang air kecil. Sesaat kemudian, anak itu dibawa ke puskesmas terdekat.

"Anak itu tadinya masih sekolah. Sore harinya tidak bisa kencing. Lalu dibawa ke puskesmas," ujar Sulis.

Setelah diperiksa di puskesmas, anak itu lalu dibawa ke rumah sakit. Lantaran terindikasi terkena gagal ginjal akut, pihak rumah sakit lantas merujuknya ke Surabaya.

Hanya saja, Sulis belum mengetahui riwayat anak tersebut. Apakah pernah atau tidak mengonsumsi obat yang mengandung zat pelarut etilen glikol (EG) atau dietilen glikol (DEG). Untuk itu, tim Dinkes akan menelisik riwayat konsumsi obat anak tersebut.

Terhadap kejadian itu, Dinkes Kabupaten Madiun meminta kepada seluruh pihak untuk tidak menjual obat sirup yang mengandung EG dan DEG. Selain itu, pihaknya juga gencar ke masyarakat untuk mewaspadai penyakit gagal ginjal akut.

"Jadi obat sirup tidak boleh diberikan. Obatnya diganti dalam bentuk puyer dulu," tutur Sulis.

Bagi faskes atau apotek yang memiliki obat mengandung EG dan DEG diminta untuk disimpan terlebih dahulu. Sementara untuk pengawasan penjualan obat mengandung EG dan DEG, Sulis memerintahkan apoteker di puskesmas untuk melakukan pengecekan dan pengawasan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/21/181715978/alami-gejala-gagal-ginjal-akut-anak-di-madiun-dirujuk-ke-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke