Salin Artikel

Video Viral Banjir di Halaman Pondok Pesantren Gontor, Ini Faktanya

Video berdurasi 14 detik yang beredar media sosial menggambarkan beberapa santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor bermain air yang masuk ke halaman.

Air yang menggenangi halaman pondok pesantren yang memiliki puluhan ribu santri itu terlihat dengan ketinggian sekitar 50 centimeter.

Kepala Desa Gontor Agung Prihandoko mengatakan, video yang beredar itu merupakan bencana banjir yang melanda wilayah itu pada 2007. 

Hari ini, kata Agung, tak ada banjir yang menerjang wilayahnya.

“Saya kepala desa gontor ingin mengklarifikasi terkait video (banjir di Pondok Gontor) yang beredar. Dalam video itu kondisi Desa Gontor khusus Pondok Gontor mengalami banjir. Video itu tidak benar atau video itu adalah hoaks,” kata Agung saat dikonfirmasi, Selasa (18/10/2022).

Agung menjelaskan, Ponpes Modern Darussalam Gontor memang diterjang banjir pada 15 tahun lalu. Banjir menggenangi halaman ponpes.

“Video itu adalah banjir yang terjadi pada tahun 2007,” jelas Agung.

Agung memastikan, Ponpes Modern Darussalam Gontor aman dari terjangan banjir saat ini. Wilayah desanya juga tak terendam banjir meski ada luapan kecil di sekitar Sungai Gontor.

Ia meminta warga tidak lagi membagikan dan mengunggah video tersebut. Pasalnya saat ini tidak ada banjir terjadi di Desa Gontor dan Pondok Gontor.

“Mohon kepada semua pihak agar jangan share video itu lagi. Karena video itu adalah hoaks,” jelas Agung.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/18/212451578/video-viral-banjir-di-halaman-pondok-pesantren-gontor-ini-faktanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke