Salin Artikel

Buntut Bupati Kediri Tendang Material Plafon Proyek Pasar karena Tak Sesuai Spesifikasi, Disperindag Bakal Bongkar Bangunan

Pelaksana Tugas Kepala Disperindag Tutik Purwaningsih mengatakan, pemanggilan itu untuk menindaklanjuti temuan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana perihal material proyek yang diduga tidak sesuai spesifikasi.

Selain kontaktor, dinas juga mengundang dari pihak kejaksaan.

"Jam 9 ini saya kumpulkan semua untuk evaluasi," ujar Tutik Purwaningsih pada Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Temuan itu sebelumnya terungkap saat Masbup, panggilan Bupati Kediri, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di lokasi pembangunan Pasar Wates, Senin (18/10/2022).

Bahkan buntut temuan itu, Bupati kelahiran tahun 1980 itu dikabarkan sempat emosi hingga menendang material plafon.

Tutik menambahkan, hasil-hasil dalam forum evaluasi itu nantinya akan menjadi rujukan untuk tindakan lanjutan.


Pihaknya tidak segan membongkar bangunan proyek jika ditemukan ketidaksesuaian baik dari sisi spesifikasi maupun harga material dengan dokumen kontrak.

"Kalau nanti di dokumen kontrak dan lain sebagainya ada ketidaksesuaian dari sisi kualitas maupun harga, ya akan kami minta bongkar. Mumpung masih ada waktu juga," tegas Tutik.

Atas temuan bupati itu, pihaknya mengakuinya sebagai bahan evaluasi.

Sebab sedari awal, kata Tutik, pihaknya maupun para pengawas independen sebenarnya juga sudah berupaya menekan potensi praktik curang dalam proyek.

Adapun proyek pembangunan Pasar Wates itu sendiri merupakan proyek yang didanai dari anggaran APBN melalui Kementerian Perdagangan.

"Nilai total proyeknya Rp 12 miliar," lanjut wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ini.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/18/105003678/buntut-bupati-kediri-tendang-material-plafon-proyek-pasar-karena-tak-sesuai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke