Salin Artikel

Banjir Terjang Desa Purorejo di Lumajang, Warga di Sekitar Sungai Glidik Diimbau Waspada

Banjir terjadi akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur kawasan tersebut sejak pagi.

Curah hujan yang tinggi membuat Sungai Glidik meluap. Sungai Glidik merupakan sungai yang berhulu langsung ke Gunung Semeru.

Luapan air dari Sungai Glidik yang sangat deras membuat pohon-pohon yang tumbuh di sekitar, seperti Kelapa dan Sengon, tumbang serta hanyut terbawa air.

Akibatnya, permukiman warga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 20 - 50 centimeter.

Salah satu warga setempat, Abdul Rohman mengatakan, hujan deras juga menyebabkan longsor di beberapa titik.

Meski dampaknya cukup luas, menurut Rohman, bencana ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

"Air meluap ke pemukiman penduduk, bahkan terjadi beberapa titik longsor, sampai saat belum ada informasi korban jiwa,” kata Abdul saat dikonfirmasi, Senin.

Selain hujan di aliran sungai, diyakini banjir dipicu oleh hujan lebat yang mengguyur kawasan puncak gunung tertinggi di pulau jawa yang menjadi hulu dari Sungai Glidik.

Menurutnya, hasil asesmen petugas tim reaksi cepat (TRC) menunjukkan baru dua RT di Desa Purorejo yang terdampak banjir.

"Sementara ini kita asesmen dulu yang ada di Sungai Glidik terutama ke Tanggul Buto Terong, sementara ini baru satu desa di RT 1 dan RT 2," jelasnya.

Yudhi mengimbau warga yang tinggal di sekitar sungai untuk meningkatkan kewaspadaan karena Kabupaten Lumajang berpotensi hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari ke depan.

"Kami imbau untuk tetap waspada apalagi kalau sudah turun hujan, utamanya bagi warga yang tinggal di sekitar sungai yang berhulu ke Gunung Semeru," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/17/214332878/banjir-terjang-desa-purorejo-di-lumajang-warga-di-sekitar-sungai-glidik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke