Salin Artikel

Debit Air Sungai Brantas Meningkat, Jembatan dan Taman di Kota Kediri Ditutup

KEDIRI, KOMPAS.com - Jembatan Lama dan Taman Brantas di Kota Kediri, Jawa Timur, ditutup sementara menyusul tingginya debit air Sungai Brantas, Senin (17/10/2022).

Selain itu, perahu jasa penyeberangan yang dikelola masyarakat di beberapa titik juga dihentikan sementara operasionalnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Indun Munawaroh mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi bencana dampak dari kenaikan debit air tersebut.

"Langkah-langkah preventif yang perlu kita lakukan," ujar Indun Munawaroh, Senin (17/10/2022).

Debit air di sungai terpanjang kedua di Jawa Timur dan melintasi beberapa wilayah kabupaten itu saat ini tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Indun mengungkapkan, debit air pada sungai yang berhulu di wilayah Kota Batu itu pada Senin siang mencapai sekitar 1.000 meter kubik per detik. Padahal, rata-rata harian kisaran 290 meter kubik per detik.

"Malam ini sudah mulai turun, tapi masih di angka sekitar 900 meter kubik perdetik," kata Indun menambahkan.

Angka tersebut masih relatif tinggi. Padahal, kata Indun, pihak pengelola bendungan Bendung Gerak Waru Turi di wilayah Gampengrejo, Kabupaten Kediri, juga telah membuka sebanyak sembilan pintu air untuk mengurangi arus tersebut.

Oleh sebab itu, pihaknya dan beberapa stakeholder terkait hingga saat ini masih bersiaga di sekitar sungai yang membelah Kota Kediri itu.

"Anggota saya siagakan 24 jam di sana sampai dirasa sungai aman," lanjutnya.

Bahkan, dalam langkah antisipasi itu, pihaknya juga telah mempersiapkan karung-karung berisi pasir. Itu untuk menambal jika ada abrasi.

Peningkatan debit air itu sendiri, kata Indun, dipengaruhi oleh cuaca, terutama di bagian hulu sungai. Jika intensitas hujan tinggi, maka otomatis debit air juga meningkat.

Untuk prakiraan cuaca di wilayah Kota Kediri, Indun menyebut masih cukup rawan hingga tiga hari ke depan.

Yaitu, adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan kecepatan angin mencapai 30 kilometer per jam.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/17/212126178/debit-air-sungai-brantas-meningkat-jembatan-dan-taman-di-kota-kediri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke