Salin Artikel

Gedung TPQ di Malang Hanyut Terbawa Arus Banjir

MALANG, KOMPAS.com - Salah satu gedung Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, hanyut terbawa arus banjir, Senin (17/10/2022).

Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso mengatakan, hal itu terjadi akibat derasnya banjir di Desa Pujiharjo sejak pagi hari.

"Banjir terjadi sejak pagi hari, akibat guyuran hujan dengan intensitas deras sejak Minggu (16/10/2022) malam. Sehingga debit air sungai setempat meluap ke perkampungan warga," ungkapnya melalui sambungan telepon, Senin.

Namun, pada sore hari, kondisi banjir dilaporkan sudah surut. Warga bersama relawan tengah fokus membersihkan material sisa banjir.

"Sementara sampai saat ini akses menuju Pujiharjo masih belum bisa dilewati kendaraan roda empat. Ada ruas jalan yang tertimbun tanah longsor," jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Hanya ada sekitar 200 sampai 500 rumah warga yang terdampak banjir. Saat ini, relawan masih melakukan pendataan.

"Untuk bantuan masih belum ada sama sekali. Yang kita butuhkan alat berat untuk evakuasi material. Khusus warga, kita membutuhkan alas untuk tidur, selimut dan sebagainya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, beberapa wilayah di Kabupaten Malang mengalami banjir akibat guyuran hujan yang terjadi sejak Minggu (16/10/2022) malam.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, beberapa wilayah yang terdampak banjir yakni Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Desa Purowodadi dan Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo.

Kemudian Desa Sitiarjo, Desa Sidoasri, dan Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, serta Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/17/210549778/gedung-tpq-di-malang-hanyut-terbawa-arus-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke