Salin Artikel

5 Wilayah di Kabupaten Malang Terdampak Banjir, Ini Sebarannya

Berdasarkan catatan Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, beberapa wilayah yang terdampak banjir yakni Desa Lebakharjo di Kecamatan Ampelgading, Desa Purowodadi dan Desa Pujiharjo di Kecamatan Tirtoyudo.

Kemudian Desa Sitiarjo, Desa Sidoasri, dan Desa Tambakrejo, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Lalu, Desa Sumbermanjing Kulon di Kecamatan Pagak, dan Desa Sumberoto di Kecamatan Donomulyo.

Kepala BPBD Kabupaten Malang Nur Fuad Fauzi mengatakan, banjir itu diduga akibat meningkatnya debit air sungai dan laut setelah hujan yang turun sejak Minggu (16/10/2022) malam.

"Hingga saat ini tim relawan masih melakukan evakuasi. Untuk korban jiwa nihil. Hanya kerugian materiil," ungkapnya saat ditemui di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Senin.

"Untuk warga yang terdampak banjir sementara ini mengungsi ke rumah tetangga yang lebih aman, serta ada pula yang berlindung di panggung kayu yang dibuat di dalam rumahnya," jelasnya.

Dari sekian wilayah tersebut, Fuad menyebut banjir terparah terjadi di kawasan Desa Sitiarjo. Di sana banjir merendam rumah warga hingga 1,5 meter.

"Akibatnya, sedikitnya ada empat dusun di kawasan Desa Sitiarjo terisolasi akibat banjir, serta akses menuju pantai Sendangbiru juga terputus," terangnya.

Keempat dusun itu yakni di kawasan Dusun Krajan Lor sebanyak 3 RW, Krajan Wetan 2 RW, Krajan Tengah 3 RW, dan Rowotrate 2 RW.

"Banjir ini sudah terjadi sejak Sabtu (15/10/2022) lalu. Tapi yang paling parah hari ini, Senin," tuturnya.

Dari keempat dusun itu, diperkirakan jumlah warga terdampak sebanyak 265 kepala keluarga.

"Jumlah warga terdampak diperkirakan sebanyak 1.483 jiwa," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/17/183749878/5-wilayah-di-kabupaten-malang-terdampak-banjir-ini-sebarannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke