Salin Artikel

Banjir di Blitar Selatan, Ribuan Warga Terdampak, Sebagian Masih Terjebak di Rumah

Sejumlah kecamatan terdampak banjir, terutama di Kecamatan Sutojayan.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ribuan warga terdampak. Sebagian masih terjebak di rumah mereka.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ivong Bettryanto mengatakan, bencana banjir dilaporkan terjadi di beberapa kecamatan di wilayah Blitar selatan.

"Informasi sementara yang paling parah di wilayah Kecamatan Sutojayan utamanya Kelurahan Sutojayan, Desa Sumberjo, Kelurahan Kalipang," kata Ivong saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Menurut Ivong, banjir menggenangi hampir seluruh Kelurahan Sutojayan kemudian sebagian Desa Sumberjo dan sebagian Kelurahan Kalipang.

Ivong memastikan ada ribuan warga dari tiga desa tersebut yang harus dievakuasi karena hujan masih terus turun dan ketinggian air terus meningkat.

"Kami akan siapkan posko pengungsian. Mungkin di Kantor Kelurahan Sutojayan dan Kantor Desa sukorejo," ujarnya.


Ivong mengatakan, pihaknya akan mengerahkan sejumlah perahu karet, kendaraan-kendaraan yang mampu melintasi air, serta peralatan-peralatan pendukung lain.

Menurutnya, banjir terjadi akibat hujan deras selama belasan jam terakhir yang membuat Sungai Kedung Unut meluap akibat pasokan air melebihi kapasitasnya dari hulu.

Ivong juga mengatakan bahwa banjir mengakibatkan sejumlah jalan penghubung antarkecamatan tidak dapat dilalui karena tergenang air hingga ketinggian beberapa puluh sentimeter.

Hingga saat ini, ujarnya, pihaknya belum menerima adanya laporan korban jiwa akibat bencana banjir.

Laporan banjir, kata dia, juga terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Binangun dan Kecamatan Panggungrejo.

Hingga berita ini ditulis, hujan masih mengguyur wilayah Kabupaten Blitar.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/17/083755678/banjir-di-blitar-selatan-ribuan-warga-terdampak-sebagian-masih-terjebak-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke