Salin Artikel

Peternak di Blitar Bagikan 5 Ton Telur kepada Masyarakat, Ternyata Ini Tujuannya

Pembagian telur dalam kemasan sekitar 250 gram itu dilakukan di halaman Kantor Pemkab Blitar, Kamis (13/10/2022). Kegiatan itu juga berbarengan dengan peringatan Hari Telur Sedunia yang jatuh pada Jumat (14/10/2022).

Juru bicara Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Yesi Yuni mengatakan, pembagian telur dilakukan untuk memeriahkan perayaan Hari Telur Sedunia di Blitar.

"Alhamdulillah setelah menghadapi situasi sulit dua tahun terakhir hari ini kami masih bertahan, kami masih peternak ayam petelur," ujar Yesi di Blitar, Kamis.

Menurut Yesi, pihaknya juga membagikan telur rebus sebanyak 2.000 butir kepada ribuan siswa SD dan SMP dalam acara tersebut.

Pembagian telur rebus, ujarnya, merupakan bentuk kampanye mendorong anak-anak usia sekolah agar gemar mengonsumsi telur yang merupakan sumber protein penting bagi tubuh.

"Sasaran kampanye gemar mengonsumsi telur adalah anak-anak usia sekolah," ujarnya.

Harga telur saat ini Rp 21.000 per kilogram

Menurut Yesi, harga telur masih belum stabil dan cenderung fluktuatif. Saat ini, ujarnya, harga telur di kandang peternak Rp 21.000 per kilogram.

Harga tersebut baru berlangsung sekitar satu pekan terakhir setelah sebelumnya harga telur sempat berada di bawah Rp 20.000 per kilogram.


Saat ini, jelasnya, harga pakan sebesar Rp 6.000 lebih per kilogram sehingga seharusnya harga telur di kandang setidaknya Rp 23.000 per kilogram.

"Meski situasi masih sulit, kita tetap ingin berbagi kepada masyarakat dengan membagikan telur gratis," jelasnya.

Yesi mengatakan, selama dua tahun terakhir peternak telur menghadapi turunnya harga akibat permintaan telur menurun. Situasi itu, lanjutnya, dipicu oleh pandemi Covid-19.

Selama masa sulit itu, jelasnya, banyak peternak ayam petelur di Blitar yang terpaksa mengurangi jumlah populasi ternaknya.

Namun, kata dia, hari ini usaha ternak ayam petelur mulai menggeliat lagi di Blitar ditandai dengan banyaknya peternak yang mulai melakukan peremajaan ternak.

Kabupaten dan Kota Blitar selama ini dikenal sebagai produsen telur terbesar nasional. Sekitar 30 persen produksi telur nasional berasal dari Blitar.

Peringatan Hari Telur Dunia di Blitar didukung oleh Badan Pangan Nasional, Pemkab Blitar serta Cargill Indonesia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/13/205201578/peternak-di-blitar-bagikan-5-ton-telur-kepada-masyarakat-ternyata-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke