Salin Artikel

Bantah Pernyataan Polisi soal Temuan Botol Miras di Stadion Kanjuruhan, Kadispora: Itu Obat Hewan Ternak

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Malang, Nazaruddin Hasan T memastikan botol tersebut bukan minuman keras.

Nazarudin menyatakan bahwa botol-botol tersebut adalah obat hewan ternak.

"Tempo hari beredar di media jika itu katanya minuman beralkohol. Namun ternyata botol-botol tersebut adalah obat hewan ternak," ungkap Nazaruddin melalui sambungan telepon, Rabu (12/10/2022).

Secara spesifik, Nazaruddin menjelaskan bahwa botol-botol tersebut adalah obat penyakit mulut dan kuku (PMK) karya pemuda pelopor binaan Dispora Kabupaten Malang untuk mengikuti lomba.

"Pada bulan Agustus 2022, wabah penyakit mulut dan kuku merebak. Maka dibikinlah inovasi obat penanganan PMK di Kasembon oleh Pemuda Pelopor Kasembon," jelasnya.

Pemuda Pelopor adalah organisai kepemudaan binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kanupaten Malang.

"Waktu itu tim pemuda pelopor ikut lomba Kemenpora. Nah produknya cairan itu (obat hewan ternak)," imbuhnya.



Kemudian, botol tersebut disimpan di lobi resepsionis Dispora Kabupaten Malang, yang kantornya juga berada di area Stadion Kanjuruhan karena sebelumnya saat hendak dikirim melalui eksepdisi ditolak, karena barang berupa cairan.

"Barang itu berada di resepsionis Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang sejak bulan Agustus. Akan dikirimkan oleh staf kami ke Jakarta 2 kardus melalui jasa ekspedisi. Namun paket tidak mau menerima karena barang cair," tuturnya.

Nazaruddin menyampaikan botol-botol itu tetap berada di resepsionis Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang karena faktor kesibukan, sehingga tidak sempat dipindah.

"Pihak paket menolak lalu dikembalikan ke Dinas Pemuda dan Olahraga. Karena faktor kesibukan, akhirnya masih disimpan di sana," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/12/190012678/bantah-pernyataan-polisi-soal-temuan-botol-miras-di-stadion-kanjuruhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke