Salin Artikel

Beri Santunan ke Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan, Risma Janjikan Pendampingan Psikolog

Selain memberikan santunan, Risma juga berjanji akan menerjunkan tim psikolog, untuk menendampingi keluarga para korban.

Risma menemui keluarga enam korban tewas asal Kabupaten Tulungagung untuk menyampaikan turut bela sungkawa.

“Saya turut berduka cita,” ucap Risma kepada keluarga korban, Sabtu (8/10/2022).

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Kecamatan Ngantru Tulungagung. Risma menyerahkan santunan pada para keluarga korban.

“Kami memberi santuanan kepada keluarga korban, dalam hal ini Kementerian Sosial tidak hanya korban bencana alam, tapi bencana sosial dan non-alam,” terang Risma.

Sesuai standar pemerintah terkait penangan bencana sosial, santunan yang diberikan Kementrian Sosial sebesar Rp 15 juta  bagi korban meninggal.

Sedangkan untuk korban luka sebesar Rp 2 juta.

Selain memberikan santunan, Kementerian Sosial juga akan menerjunkan tim psikolog, untuk memberikan trauma healing terhadap keluarga para korban.

Saat ini, Kementerian Sosial juga masih mendata terkait jumlah korban yang masih terus bergerak.

“Baru kali ini saya bisa mengetahui lokasi para korban. Sebelumnya kami pendataan jadi belum tahu wilayah para korban. Dan kami akan terjunkan tim psikolog untuk pendampingan para keluarga korban,” terang Risma.


Sementara itu, salah keluarga korban meninggal dunia berharap penyebab kematian anaknya tersebut bisa terungkap dengan jelas.

Diharapkan, panitia pelaksana pertandingan berkunjung ke rumah para korban, untuk memberikan penjelasan.

“Sampai saat ini pihak panitia penyelenggara belum ada yang datang ke rumah para korban, untuk menjelaskan kejadian yang sebenarnya. Biar kami lega,” ujar keluarga korban meninggal dunia Hari Wirena.

Sampai dengan saat ini, belum ada perwakilan panitia pelaksana yang datang untuk memberikan belasungkawa atau memberikan penjelasan terkait peristiwa yang merenggut nyawa anaknya itu.

“Kami ingin tahu secara langsung bagaimana peristiwa itu terjadi,” terang Hari.

Selain menemui keluarga enam korban tragedi Kanjuruhan di Kantor Kecamatan Ngantru, Risma juga menemui keluarga almarhum Aipda Andik Purwanto.

Andik Purwanto adalah anggota Polres Tulungagung yang turut menjadi korban dalam Tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/09/071623178/beri-santunan-ke-keluarga-korban-tragedi-kanjuruhan-risma-janjikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke