Salin Artikel

Wali Kota Madiun Beri Voucer Belanja Rp 300.000 untuk Keluarga dengan Anak Stunting Seminggu Sekali

Voucer untuk belanja bahan makanan itu diberikan satu kali dalam satu seminggu selama empat bulan.

"Voucer belanja kami berikan seminggu sekali kepada ibu yang memiliki anak stunting. Voucer nanti dibelanjakan untuk membeli beras, telur, ikan, sayur hingga buah-buahan," kata Maidi, Jumat (7/10/2022).

Tak hanya diberikan voucer belanja bahan makanan, jelas Maidi, ibu yang memiliki anak stunting juga diberikan edukasi bagaimana memilih makanan yang bergizi.

Maidi menuturkan lewat pemberian voucer belanja, dapat menekan jumlah kasus stunting yang saat ini tinggal tersisa 512 anak.

Sebelumnya jumlah kasus stunting di kota pecel tercatat sebanyak 667 anak.

Mantan Sekda Kota Madiun itu menargetkan kasus stunting hilang dengan intervensi bantuan dari pemerintah daerah.

"Kasus stunting itu harus hilang. Dulu kasus stunting ada 667 anak. Saat ini tinggal 512 anak. Untuk itu akan saya tekan terus," jelas Maidi.


Selain itu, Maidi juga memberikan subsidi belanja ikan sebesar 50 persen untuk membeli ikan di Pasar Besar dan Pasar Sleko.

Dengan demikian kebutuhan nutrisi anak makin tercukupi. Terlebih, kandungan protein dalam daging ikan sangat tinggi.

Bahkan subsidi 50 persen pembelian ikan juga diberikan kepada warga yang memiliki anak kecil. Syaratnya orangtuanya cukup membawa anaknya saat membeli ikan di pasar.

Program itu juga membiasakan anak-anak mengonsumsi ikan sejak kecil. Selain itu untuk meningkatkan angka konsumsi ikan dari 31 kilogram perkapita menjadi 57 kg perkapita.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/07/144232678/wali-kota-madiun-beri-voucer-belanja-rp-300000-untuk-keluarga-dengan-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke