Salin Artikel

Berbekal Pilah Sampah, Warga di 26 Desa di Madiun Bisa Menabung Emas Tiap Tahunnya

Sebanyak 276 warga mendapatkan tabungan emas setiap tahunnya lantaran mampu memilih sampah dan menyetorkannya ke bank sampah.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami mengatakan, ratusan warga berhasil menabung emas setelah mengikuti inovasi program merubah sampah menjadi emas (merambah emas) besutan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun.

“Inovasi ini dibuat untuk mengangkat sampah menjadi emas, melalui bank sampah. Inovasi ini bekerja sama dengan beberapa OPD dan juga TP PKK sebagai pengendali serta PT Penggadaian area Madiun,” Ahmad Dawami, Kamis (6/10/2022).

Pria yang akrab disapa Kaji Mbing ini menuturkan, inovasi itu sebagai bentuk jawaban mengatasi persoalan sampah.

Untuk itu perlu adanya kemandirian agar sampah bisa dipilah dengan baik dan benar sehingga dapat menjadikan manfaat luar biasa bagi masyarakat.

Untuk itu Pemkab Madiun, kata Kaji Mbing, melalui Dinas Lingkungan Hidup memfasilitasi pendirian sebuah bank sampah agar masyarakat lebih tertarik memilah sampah.

Lalu hasil penjualan sampah itu dapat ditukar berupa tabungan emas.


"Sampah bila dipilah dengan benar memiliki manfaat luar biasa. Maka Pemkab Madiun melalui DLH bekerja sama dengan PT. Pegadaian Area Madiun dan pengelola sampah membentuk bank sampah di setiap desa yang di kawal TP PKK Kabupaten Madiun. Hasilnya sampah yang disetor dapat berupa tabungan dan juga emas,” ungkap Kaji Mbing.

Kaji Mbing menceritakan setahun yang lalu program merambah emas hanya berlangsung di satu desa dengan jumlah nasabah 26 orang.

Namun kini, jumlah desa yang mengikuti inovasi itu menjadi 26 desa dengan jumlah nasabah bank sampah sebanyak 276 orang.

Dari memilah sampah dan menyetor ke bank sampah warga minimal mendapatkan 3,5 gram emas dalam bentuk tabungan.

Bagi Kaji Mbing, inovasi merambah emas sekaligus dapat menyelesaikan permasalahan sampah di Kabupaten Madiun. Pasalnya semua warga memiliki tanggung jawab soal sampah, baik itu sampah rumah tangga maupun pribadi.

“Untuk itu marilah kelola sampah dengan kemandirian, kerjakan dengan baik. Dan ini yang sudah baik bisa berubah menjadi emas", demikian Kaji Mbing.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/06/135749978/berbekal-pilah-sampah-warga-di-26-desa-di-madiun-bisa-menabung-emas-tiap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke