Salin Artikel

Truk Tangki Pertamina Terguling di Jalan Blitar-Malang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Truk tangki dengan nomor polisi L 8851 UL bermuatan penuh 24.000 liter bahan bakar minyak (BBM) itu berada dalam posisi melintang sehingga menutup seluruh badan jalan.

Akibatnya, arus lalu lintas harus dialihkan ke jalur alternatif karena pihak kepolisian juga menutup total lokasi kecelakaan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Blitar AKP Kadek Aditya Yasa Putra mengatakan, penutupan total ruas jalan yang menjadi lokasi kecelakaan juga demi keselamatan.

"Terdapat tumpahan BBM meski pun jumlahnya diperkirakan tidak banyak. Tapi ini sangat berbahaya dan berisiko tinggi kebakaran sehingga lokasi kejadian harus steril," ujar Kadek kepada wartawan, Kamis pagi.

Kecelakaan itu mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas di jalur alternatif karena harus dilakukan pengalihan kendaraan-kendaraan besar terutama truk-truk pengangkut tebu.

Kadek mengatakan, proses evakuasi truk tersebut tidak dapat segera dilakukan karena BBM yang ada di tangki harus dikosongkan terlebih dahulu.

Selain itu, lanjutnya, proses evakuasi juga harus menggunakan kendaraan derek berukuran besar yang harus didatangkan dari Tulungagung.

Kata Kadek, truk tangki tersebut mengangkut 8.000 liter pertalite dan 16.000 liter solar.

Hingga berita ini ditulis, proses evakuasi sedang berlangsung.


Pengemudi konsumsi sabu

Kadek mengatakan, kecelakaan tunggal itu diduga terjadi karena pengemudi bernama M Alik (47), warga Malang, itu mengantuk. 

"Pengemudi mengantuk sehingga kehilangan kendali pada laju kendaraan," ujarnya.

Meski demikian, kata dia, pihaknya juga melakukan tes urine pada pengemudi dan diketahui hasilnya positif sabu.

Kadek tidak menyebutkan keterkaitan antara konsumsi sabu-sabu dan kecelakaan. Namun, dia pastikan bahwa pengemudi tersebut harus menjalani proses hukum atas dugaan konsumsi narkoba. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/06/125004378/truk-tangki-pertamina-terguling-di-jalan-blitar-malang-arus-lalu-lintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke