Salin Artikel

Pemuda Lintas Organisasi di Banyuwangi Gelar Aksi Solidaritas untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Acara yang digelar di pesisir pantai Pelabuhan Ikan Muncar pada Senin (3/10/2022) malam itu, berlangsung khidmat. Bahkan lilin sebagai tanda duka juga dinyalakan bersama.

Tak hanya itu, mereka juga membentangkan sejumlah poster ungkapan kesedihan. Seperti pray for Malang, pray for sepak bola Indonesia, Malang berduka dan lain sebagainya.

"Dunia persepakbolaan Indonesia berduka. Ini sebagai bentuk aksi solidaritas kami," ungkap Koordinator Acara, Arif Laros kepada Kompas.com, Senin malam.

Pemuda lintas organisasi itu terdiri dari GP Ansor, Laros Jenggirat, Skuadra Laskar Blambangan, Bonex Muncar, Aremania Muncar, Komunitas Buana Kasih, Team Gero, Komunitas Seniman Jalanan, dan sejumlah tokoh pemuda.

"Karena duka mereka, duka kami bersama," ungkap Arif.

Selain menggelar aksi solidaritas dan doa bersama, peserta yang terdiri dari Aliansi Pemuda Muncar Bersatu itu juga menggelar diskusi bersama.

"Kami diskusi terkait bagaimana pemuda saat ini bisa menjaga kedamaian dan ketenteraman di masyarakat," kata salah satu tokoh pemuda Muncar, Ahmadi Nur Panji.

"Setidaknya insiden di Kanjuruhan dapat menjadi evaluasi dan introspeksi diri agar saling menjaga untuk keutuhan NKRI," tutup Gus Mayor.

Stadion Kanjuruhan di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, menjadi saksi bisu tragedi dengan korban terbanyak dalam sejarah sepak bola Indonesia, Sabtu (1/10/2022).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, jumlah korban meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang tercatat 125 orang hingga Senin (3/10/2022).

"Hingga Senin sore kemarin kami menunggu apakah ada pihak keluarga yang mencari anggotanya, ternyata tidak ada. Artinya jumlah korban meninggal dunia tetap 125 orang," kata Khofifah usai menghadi resepsi HUT Bapenda Jatim di Surabaya Senin malam.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/04/143659878/pemuda-lintas-organisasi-di-banyuwangi-gelar-aksi-solidaritas-untuk-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke