Salin Artikel

Polisi Korban Kerusuhan Kanjuruhan Malang Terima Penghargaan Luar Biasa

TULUNGAGUNG,KOMPAS.com - Seorang anggota Polres Tulungagung Jawa Timur meninggal dunia. Dia menjadi korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (2/10/2022).

Korban dimakamkan secara kedinasan di tempat pemakaman umum desa setempat.

Suasana duka menyelimuti kediaman almarhum Bripka Andik Purwanto, di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

Anggota polisi yang berdinas di Polsek Sumbergempol tersebut, menjadi salah satu korban meninggal dunia, dalam insiden kerusuhan usai laga sepakbola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (01/10/2022).

Jenazah korban tiba di rumah duka Minggu  (02/10/2022) siang, dan langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum Desa Sambijajar, Kecamatan Sumbergempol.

Keluarga terdekat almarhum nampak menahan diri untuk tetap tegar, meski wajah duka sangat terlihat.

Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto menjelaskan, pihaknya mendapat informasi meninggalnya korban pada Sabtu (1/10/2022) malam.

“Setelah kami mendapat informasi langsung kami lakukan cek dan ricek, akan tetapi tidak langsung terjawab karena situasi di sana (Kanjuruhan),” terang Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto setelah upacara pemakaman, Minggu (2/10/2022).

Sebelumnya, pada Sabtu siang korban bersama 22 anggota Polres Tulungagung, diberangkatkan ke Malang untuk membantu pengamanan pertandingan sepak bola Arema FC dengan Persebaya.

Karena gugur dalam tugas, korban dimakamkan secara kedinasan dan mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Korban menerima kenaikan pangkat luar biasa tersebut dari brigadir polisi kepala menjadi ajun inspektur dua anumerta.

“Almarhum mendapat penghargaan kenaikan pangkat luar biasa, yakni naik satu tingkat lebih tinggi,”terang Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto.

Proses pemakaman jenazah almarhum Bripka Andik berlangsung khidmat. Proses pemakaman yang dilaksanakan secara kedinasan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/02/203526978/polisi-korban-kerusuhan-kanjuruhan-malang-terima-penghargaan-luar-biasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke