Salin Artikel

Peringati Hari Tani Nasional, Warga di Lumajang Berebut Gunungan Hasil Bumi dan Olahan Ketan

Ritual adat itu merupakan bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan yang telah memberikan panen melimpah.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini menyajikan lima buah gunungan hasil pertanian seperti buah-buahan dan sayur mayur. Tidak hanya itu, terdapat gunungan yang berisi olahan makanan berbahan dasar beras ketan.

Sebelum diperebutkan warga, gunungan ini diarak keliling desa dengan iringan tari nandur pari (tari menanam padi).

Dwi, Salah satu warga mengaku senang dengan perayaan sedekah bumi tahun ini. Sebab, kemeriahan sedekah bumi telah lama tidak dirasakan warga akibat pandemi Covid-19.

Meski harus berebut dengan warga yang lain, ia tampak bahagia dengan berlari ke arah istrinya sambil membawa terong, kacang, dan pare di tangan.

"Perasaannya senang, dapat terong, kacang, sama pare, saya kasihkan istri buat dimasak besok," kata Dwi di Lumajang, Minggu (25/8/2022).

Sementara, Kepala Desa Darungan Eko Nur Hadi mengatakan, selain wujud syukur kepada Tuhan, festival tahun ini dipersembahkan untuk para petani di Desa Darungan.

Menurutnya, berkat jerih payah para petani, Desa Darungan bisa dikenal sebagai salah satu sentra produksi beras ketan di Lumajang.

Untuk diketahui, Desa Darungan bisa menghasilkan beras ketan lebih dari 4.000 ton setiap tahun.

"Tujuan festival ketan ini untuk sedekah desa dan meningkatkan ekonomi masyarakat, juga karena bertepatan dengan hari tani nasional, ini sebagai hadiah untuk para petani di desa ini," ujar Eko.  

Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan kabupaten dengan tajuk festival ketan sebagai daya tarik wisata dan budaya di Kabupaten Lumajang dan meningkatkan perekonomian warga.

“Festival ketan ini akan menjadi agenda rutin kegiatan budaya dan pariwisata di Kabupaten Lumajang, harapannya bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat,“ pungkas Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/26/071126578/peringati-hari-tani-nasional-warga-di-lumajang-berebut-gunungan-hasil-bumi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke