Salin Artikel

Ratusan Mitra Shopee Surabaya Demo, Minta Penyesuaian Pendapatan Pascakenaikan Harga BBM

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan mitra Shopee dari berbagai daerah di sekitar Kota Surabaya menggelar aksi protes di kantor perwakilan Shopee di Jalan Ronggolawe, Surabaya, Kamis (22/9/2022).

Mereka mendesak manajemen menyesuaikan pendapatan mitra pasca-kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dengan mengenakan atribut khas jaket berwarna oranye, massa berkumpul di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS), lalu long march ke kantor perwakilan Shopee di Jalan Ronggolawe, Surabaya.

"Kami minta penyesuaian pendapatan untuk minimal order 4 kilometer menjadi Rp 2.000 sampai Rp 2.500 per kilometer pasca-kenaikan harga BBM, dari sebelumnya Rp 6.400 per 4 kilometer," kata Ketua DPD Federasi Penggiat Online (FINE) Jawa Timur Faris Novianto.

Tuntutan lainnya, para mitra mendesak operator memberi fitur tambahan berupa rating untuk customer dan merevisi kode etik kemitraan.

"Kita juga minta operator menjalin kerjasama dengan instansi maupun korporasi untuk membuka shelter parkir mitra Shopee untuk melakukan penataan dan meningkatkan pendapatan mitra Shopee," jelasnya.

Setelah melalui proses mediasi dengan pihak manajemen Shopee, menurut Faris, akhirnya poin revisi kode etik kemitraan disetujui.

"Manajemen sepakat membuka ruang bagi kami untuk poin tersebut," terangnya.

Sementara untuk tuntutan utama soal penyesuaian pendapatan, pihaknya bersama manajemen masih membutuhkan waktu untuk membuka komunikasi lebih intensif dengan Kementrian Perhubungan selaku regulator.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/22/201226878/ratusan-mitra-shopee-surabaya-demo-minta-penyesuaian-pendapatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke