Salin Artikel

Disebut Jadi Kandidat Terkuat Ketua DPRD Lumajang, Ini Tanggapan 3 Anggota Fraksi PKB

Belakangan, muncul tiga nama anggota DPRD Lumajang dari Fraksi PKB yang diprediksi layak menggantikan sosok Anang memimpin lembaga legislatif.

Mereka adalah Ketua Fraksi PKB di DPRD Lumajang Thohar Hasan, Sekretaris DPC PKB Eko Adis Prayoga, dan anggota dewan tiga periode Sugianto.

Menanggapi munculnya isu yang tengah berkembang itu, Thohar Hasan mengatakan, dirinya tidak memiliki ambisi menggantikan posisi Anang sebagai ketua dewan.

Namun, ia tidak menolak jika partai memintanya menggantikan posisi Anang.

"Saya juga kaget tiba-tiba nama saya muncul, tapi yang jelas saya tidak pernah melakukan lobi-lobi untuk bisa menggantikan Mas Anang, jadi kalaupun nanti ditunjuk ya siap kalau pun tidak ditunjuk juga tidak kecewa, yang jelas kita semua masih ingin Mas Anang ini memimpin DPRD," kata Thohar melalui sambungan telepon, Rabu (21/9/2022).

Senada dengan Thohar, Eko Adis juga menanggapi kabar itu dengan tenang.

"Wah itu kewenangan partai, kita hari ini masih mengupayakan Mas Anang mengurungkan niatnya untuk mundur, karena kita butuh figur seperti beliau yang bertanggung jawab," jelas Eko.

Perihal kedatangan Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar ke Lumajang beberapa hari lalu, Eko membantah hal itu sebagai agenda konsolidasi untuk menentukan calon pengganti Anang.

"Tidak sejauh itu, semua masih dipertimbangkan terkait kebaikan partai," tegasnya.


Sedangkan kandidat lain, Sugianto menjelaskan komitmennya sebagai kader partai harus tegak lurus dengan keputusan partai.

"Kita ini kader partai yang tentunya jika diperlukan untuk kemaslahatan masyarakat ya harus siap," tutur Sugianto.

Sugianto menjelaskan, DPP PKB akan membahas secara rinci perihal pengunduran diri itu di tingkat yang lebih tinggi.

"Perlu diingat bahwa PKB itu adalah partai yang gak bisa dipisahkan dari Masyayikh, sehingga segala keputusan yang akan di ambil apalagi keputusan yang urgen dilakukan dengan cara melibatkan jajaran pengurus baik syuro maupun tanfidz, termasuk nanti minta pertimbangan dari NU dan pemangku ponpes dalam menentukan siapa pengganti sahabat Anang, Baru hasilnya nanti dikirimkan ke DPP melalui DPW," jelas Sugianto.

Untuk diketahui, Anang memutuskan mundur sebagai ketua DPRD Lumajang setelah tragedi salah pengucapan sila ke empat Pancasila.

Saat itu, Anang sedang menemui masa aksi dari himpunan mahasiswa islam (HMI). Video itu pun ramai diperbincangkan di media sosial.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/21/160000178/disebut-jadi-kandidat-terkuat-ketua-dprd-lumajang-ini-tanggapan-3-anggota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke