Salin Artikel

Kasus HIV/AIDS di Gresik Meningkat, Didominasi Hubungan Sejenis

Menurut catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, terdapat temuan sebanyak 65 pasien HIV/AIDS pada tahun 2021.

Namun sampai bulan Agustus 2022, sudah ada sebanyak 105 pasien HIV/AIDS yang ditemukan di Gresik atau bertambah 40 pasien.

"Dari jumlah 105 tersebut, faktor risiko penularan yang paling banyak adalah lelaki seks lelaki atau LSL. Dengan persentase 46 persen," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Gresik dr Puspitasari Whardani, kepada awak media, Senin (19/9/2022).

Sementara sisanya sebanyak 54 persen, dikatakan Puspitasari, berasal dari beberapa faktor penyebab lain. Di antaranya adalah, wanita yang berprofesi sebagai pekerja seks komersial (PSK) dan pasangan dari pengidap HIV/AIDS itu sendiri.

"Pada saat ditemukan pasien HIV positif, maka petugas kesehatan akan melaksanakan pemeriksaan kepada pasangannya," tutur dia.


Puspitasari menjelaskan, selama ini pihaknya sudah gencar melakukan sosialiasi dan usaha pencegahan terhadap penularan HIV/AIDS.

Namun masih saja ditemukan kasus baru di lapangan, termasuk di antaranya warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Gresik.

Banyaknya temuan kasus HIV/AIDS di Gresik, juga dikarenakan gencarnya pemeriksaan yang dilakukan.

Terlebih di Gresik saat ini sudah banyak rumah sakit yang dapat melakukan diagnosis HIV/AIDS yakni ada sebanyak 11 rumah sakit dan 32 puskesmas.

Sementara mengenai upaya pencegahan penularan penyakit berbahaya tersebut, Dinkes Gresik juga memberikan terapi kepada para pasien yang telah dinyatakan positif mengidap HIV/AIDS.

"Kami berikan pembinaan dan pengobatan, bagi para pasien positif HIV di Gresik,” ucap Puspitasari.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/20/045010978/kasus-hiv-aids-di-gresik-meningkat-didominasi-hubungan-sejenis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke