Salin Artikel

Tinjau Kerusakan Stadion Gelora Delta, Pemkab Sidoarjo Sebut Ada Barang yang Dijarah

Kepala Dinas Pemuda Sidoarjo Joko Supriyadi mengatakan, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor telah melihat langsung kerusakan di dalam stadion pada Jumat (16/9/2022) pagi.

"Tadi Pak Bupati sudah ninjau langsung ke lokasi, melihat kondisi kerusakan usai kejadian semalam," kata Joko kepada Kompas.com melalui sambungan teleponnya, Jumat (16/9/2022).

Joko mendampingi Bupati Muhdlor bersama perwakilan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sidoarjo dan beberapa konsultan.

"Kalau nominalnya saya belum tahu tadi bareng sama teman-teman dari Dinas PU dan konsultan juga," kata dia.

Berdasarkan tinjauan itu, kerusakan terdapat di sejumlah titik, seperti pagar pembatas antara penonton dan lapangan sekitar 300 meter, kursi pemain cadangan, papan reklame, dan pintu masuk halaman stadion.

Tak hanya kerusakan fasilitas, Pemkab Sidoarjo juga mendapati sejumlah aset di Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang dijarah oknum penonton.

"Yang dijarah atau hilang itu ada mixer sound beserta satu mik dan kabelnya, 16 kursi lipat," ungkap dia.

Hal itu, kata Joko, terlihat dari pengamatan jumlah penonton di beberapa tribun stadion. Sebab, kapasitas stadion kebanggaan warga Sidoarjo itu sebanyak 30.000 penonton.

"Sekilas pengamatan saya ya, semalam tribun Timur, Utara dan Selatan itu penuh, Itu hampir penuh ditambah lagi suporter atau penonton yang di luar, jadi sekitar 20.000 penonton itu. Nah kalau ricuh dengan tenaga pengamanan yang hanya ribuan jelas kurang maksimal," papar dia.

Setelah melakukan peninjauan, kini Joko dan beberapa pihak sedang menghitung total kerugian akibat insiden perusakan itu. 


Nantinya, Pemkab Sidoarjo akan memberikan catatan kerusakan itu kepada manajemen Persebaya untuk ganti rugi.

"Nanti kita mewakili pemkab akan menyerahkan ke mereka (Manajemen Persebaya), karena wajib mengganti semuanya yang rusak dan hilang," terang dia.

Tanggung Jawab Manajemen Klub

Joko mengungkap alasan mengirimkan biaya perbaikan akibat kerusakan itu kepada manajemen Persebaya. Menurutnya, kerusakan yang terjadi di dalam stadion saat menggelar pertandingan menjadi tanggung jawab klub.

Hal itu telah menjadi konsekuensi klub dan telah disampaikan sebelum pertandingan dimulai.

"Dari awal ketika mau main di sini memang harus begini, ketika mau pakai maka risiko yang seperti ini harus ditanggung juga, sudah dibicarakan sebelum pakai juga. Apalagi sistem pertandingan kita itu kan klub dan suporter jadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan," ucap dia.

Joko berharap manajemen Persebaya segera memperbaiki kerusakan di Stadion Gelora Delta. Sebab, klub kebanggaan warga Sidoarjo, Deltras, akan bermain di stadion itu pada 22 September.

"Kita akan beri deadline, kalau bisa sebelum tanggal 22 September ini harus selesai karena di tanggal itu ada pertandingan Deltras Sidoarjo," terangnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/16/130656278/tinjau-kerusakan-stadion-gelora-delta-pemkab-sidoarjo-sebut-ada-barang-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke