Salin Artikel

Kafe di Kota Malang 3 Kali Dibobol Maling, Pelaku Diduga Orang yang Sama

Peristiwa terakhir terjadi pada Selasa (13/9/2022), pukul 02.30 WIB. Pelaku yang merupakan seorang pria diduga menyelinap ke dalam kafe dan kabur menggondol berbagai peralatan elektronik.

Owner Kafe Bukit Delight Yuanita (30) mengatakan, peristiwa tersebut terekam kamera pengawas closed circuit television (CCTV). Pelaku masuk ke dalam kafe itu lewat pagar samping.

"Jadi di sebelah kafe ini kan ada jalan kecil, pelaku membawa sepeda motor, kemudian ditaruh di pinggir, masuk nyelempit lewat dekat pagar itu," kata Yuanita saat ditemui, Rabu (14/9/2022).

Kemudian pelaku menuju dapur dengan masuk melalui jendela yang kemudian dibuka secara perlahan. Setelahnya, pelaku mengambil amplifier dan pengeras suara beserta dudukannya.

"Pas di dapur itu, pelaku sempat mencabut colokan kabel CCTV. Orangnya itu masuk ke dalam dapur, saya juga tidak tahu buka tutupan jendela ini gimana. Tapi dilihat dari rekaman ini, pelaku pelan-pelan sekali melakukan semuanya," katanya.

Berdasarkan rekaman CCTV, pelaku terlihat mengenakan topi, jaket, dan celana panjang. Pada saat kejadian, kafe sudah tutup dan terdapat pegawai yang menginap.

"Pegawai saya itu sempat ambil cucian kan ada mesin cuci di sini, itu tapi setelah selang beberapa waktu kejadian. Ya awalnya enggak sadar kalau ada yang hilang, baru pagi itu kok amplifier, sound system, sama stand-nya hilang. Dilihat dari CCTV dicuri," katanya.

Yuanita sudah melaporkan kejadian itu ke Polsek Lowokwaru. Kerugian yang ditaksir akibat insiden itu sekitar Rp 5 juta.


Yuanita mengatakan, tak ada yang mengenali pelaku termasuk pegawainya. Namun, ia menduga pelaku adalah orang yang sama dengan dua pencurian sebelumnya.

"Sebelumnya sudah dua kali kebobolan. Pertama Juli, waktu itu posisi kafe direnovasi, yang dicuri alat-alat tukang. Kemudian bulan Agustus itu diambil tablet, HP, uang belanjaan, total ruginya waktu itu Rp 10 juta," katanya.

Menurutnya, pada peristiwa pencurian kedua tersebut, pelaku terlihat berkeliling ke seluruh sudut kafe. Ia menduga, pelaku sengaja berkeliling untuk merencanakan pencurian berikutnya.

"Yang kedua itu, pelaku sempat keliling-keliling di dalam kafe. Ya pelakunya mirip dari semua kejadian. Enggak ada yang kenal sama pelaku ini, pegawai sama tukang parkir juga sudah saya tanyai," katanya.

Plt Kapolsek Lowokwaru AKP Anton Widodo mengatakan, pelaku belum melakukan laporan secara resmi atau hanya menyampaikan secara lisan.

"Tetapi kita tadi malam sudah cek ke TKP (tempat kejadian perkara), nanti dia (korban) datang ke sini lagi kita terbitkan laporannya," kata Anton saat dihubungi via telepon secara singkat, Rabu (14/9/2022).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/14/162016278/kafe-di-kota-malang-3-kali-dibobol-maling-pelaku-diduga-orang-yang-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke