Salin Artikel

Jembatan Putus di Probolinggo, 2 Siswa Dioperasi karena Patah Tulang

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Dua siswa SMPN 1 Pajarakan yang jatuh saat jembatan putus telah menjalani operasi di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kedua siswa itu adalah MR dan HF. Keduanya dioperasi pada Jumat (9/9/2022) dan Sabtu (10/9/2022) akibat lengan kirinya patah. Kondisinya sudah membaik dan menunggu pemulihan.

Awalnya, saat dievakuasi ke RSUD, lengan kedua siswa itu terasa sakit setelah terjatuh ke sungai. Setelah menjalani pemeriksaan rontgen, lengan kedua siswa itu diketahui patah.

"Sekarang sudah membaik. Semoga cepat sembuh dan kembali sekolah," ujar MR di RSUD Waluyo Jati, Senin (12/9/2022).

MR mengaku tidak trauma dengan kejadian tersebut. Dia menganggap kejadian tersebut sebagai musibah.

Hal yang sama juga diakui HF. Tulang bagian tubuhnya dioperasi karena patah. Namun, kondisinya jauh lebih baik setelah dioperasi.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Pajarakan, Arif Syamsul Hadi mengatakan, saat ini yang dirawat di RSUD ada tiga siswa dan satu guru.

Pihaknya menggelar trauma healing di sekolah untuk mengurangi trauma yang dialami siswa akibat kejadian jembatan putus itu. Siswa diajak kegiatan di luar ruangan dengan aktivitas menyenangkan.

"Sabtu (10/9/2022) lalu sekolah mengadakan doa bersama untuk kesembuhan siswa yang menjadi korban. Hari ini kita gelar trauma healing," kata Arif.

Arif menambahkan, untuk siswa yang tengah dirawat, ada keringanan untuk tidak sekolah dulu.

Andi mengaku prihatin dengan kejadian ambruknya jembatan yang menghubungkan Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan dan Desa Kapasan, Kecamatan Pajarakan, yang membuat 40 siswa SMPN 1 Pajarakan jatuh ke sungai dan terluka.

"Kami minta kejadian di Kregenan menjadi pelajaran. Awasi betul para siswa bila ada kegiatan outdoor," kata Andi.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 40 siswa Sekolah Menengah Pertaman Negeri (SMPN) 1 Pajarakan terjatuh dari atas jembatan gantung yang tiba-tiba putus di Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jumat (9/9/2022).

"Sejauh ini tidak ada korban meninggal, hanya saja 14 siswa dan seorang guru dilarikan ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan akibat luka ringan setelah sebelumnya dirawat di Puskesmas Pajarakan," kata Sujianto.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/12/152432578/jembatan-putus-di-probolinggo-2-siswa-dioperasi-karena-patah-tulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke