Salin Artikel

Mesin ATM Bank Jatim di Madiun Disatroni Kawanan Pencuri, Polisi: Pelaku Gagal Bawa Uang

MADIUN, KOMPAS.com - Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Jatim yang berada di pinggir ruas Surabaya-Madiun di Desa Tiron, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, disatroni kawanan pencuri, Minggu (11/9/2022). Agar tak ketahuan ulah kejahatannya, para pelaku sengaja menyemprot kamera CCTV dengan cat semprot warna hitam.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Nglames, Ipda Slamet Widodo membenarkan adanya upaya pembobolan ATM milik Bank Jatim di Desa Tiron. Ia menyebut, jumlah pelaku sebanyak tiga orang.

“Satu berada di mobil dan dua berada masuk dalam lokasi ATM,” kata Slamet.

Setelah masuk ke ruang ATM, kata Slamet, pelaku mencoba membuka mesin ATM dengan mengelas engsel kanan dan kiri mesin tersebut. Tak hanya itu, untuk menutupi jejak kejahatan, pelaku sengaja menutup kamera CCTV dengan cat semprot.

“Para pelaku juga menutup kamera CCTV dengan cat semprot,” ujar Slamet.

Gagal bobol mesim ATM

Saat dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), Slamet menyebut, belum ditemukan adanya jejak sidik jari. Selain itu, uang yang tersimpan dalam ATM masih utuh.

“Pelaku gagal membawa uang yang ada di dalam ATM. Uang tunai sebesar Rp 316 juta masih utuh di dalam mesin ATM,” kata Slamet.

Mustofa, warga setempat, mengatakan, upaya pembobolan mesin ATM itu terjadi pada Minggu (11/9/2022) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, sebuah mobil Toyota Avanza berhenti di depan mesin ATM.

“Jadi ada dua orang keluar dan satunya ada di dalam mobil. Mereka berada di dalam sekitar satu jam,” kata Mustofa saat dikonfirmasi terpisah.

Menurut Mustofa, lantaran kesulitan membuka mesin ATM, para pelaku akhirnya memilih kabur tanpa membawa hasil apa pun.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/12/113755878/mesin-atm-bank-jatim-di-madiun-disatroni-kawanan-pencuri-polisi-pelaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke