Salin Artikel

KSAL Hentikan Operasional Pesawat Bonanza, Ini Alasannya

Dia menegaskan telah menghentikan operasional pesawat Bonanza.

Hal itu disampaikan saat KSAL memberikan penghormatan langsung kepada pilot dan kopilot yang gugur saat bertugas latihan, yaitu Kapten Laut (P) Anumerta Judistira Eka Permady dan kopilot Letnan Satu Laut (P) Anumerta Dendy Kresna Bhakti Sabila.

"Untuk Bonanza, untuk kegiatan latihan maupun demo-demo kita hentikan dulu untuk keperluan investigasi dan evaluasi. Hari ini akan mulai investigasi karena baru mulai pemakaman," kata Yudo kepada awak media di Komplek Makam TNI AL Taman Bahagia, Jumat (9/9/2022).

Selepas menghadiri acara pemakaman, Yudo akan menunujuk Inspektur Jendral Angkatan Laut sebagai kapten tim dalam investigasi tersebut.

"Nanti dengan badan pesawat yang sudah ditemukan itu, tentunya kita bentuk tim. Saya akan menunjuk inspektur jenderal angkatan laut sebagai kapten tim investigasi, dan melibatkan KNKT. Hari ini akan saya tanda tangani dan investigasi bisa langsung dimulai," papar dia.

Pesawat buatan Amerika Serikat tahun 2013 ini, merupakan pesawat latih dari angkatan laut.

Namun dengan peristiwa duka ini, Yudo menegaskan telah menghentikan operasional dari pesawat tersebut, baik untuk latihan atau untuk demo-demo selama keperluan investigasi dan evaluasi.

"Ya, sementara ini operasi pesawat bonanza akan kita hentikan dulu, akan kita evaluasi lagi tentang operasional Bonanza," ungkap dia.


KSAL menyatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika kondisi mendesak dan membutuhkan pesawat, sebab masih ada pesawat JN 235.

"Kita masih punya pesawat JN 235 dan masih punya Kasa, jadi untuk sementara tetap pakai itu," cetus dia.

Pesawat latih Bonanza, menurut Yudo, memiliki keunggulan tersendiri. Selama ini pesawat tersebut dikhususkan untuk melatih para pilot - pilot baru, baik untuk manuver atau operasi di laut.

"Kalau kita bicara Bonanza sendiri, Ini merupakan pesawat latih, ya tentunya untuk melatih para pilot-pilot baru, baik untuk manuver, san tentunya untuk operasi laut bagi mereka-mereka yang nantinya akan mengawaki pesawat-pesawat udara yang lain," terang dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/09/144059378/ksal-hentikan-operasional-pesawat-bonanza-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke