Salin Artikel

Stok Vaksin PMK Habis sejak Agustus, Pemkab Lamongan Tunggu Kiriman Provinsi

Hal itu karena stok vaksin PMK sudah habis disalurkan kepada hewan ternak di Kabupaten Lamongan.

Juru bicara Satgas PMK Hewan Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan Rahendra enggan menyebut, stok vaksin PMK kosong. Stok vaksin PMK, kata dia, telah disalurkan.

"Vaksinasi sudah dilakukan sebanyak 26.702 dosis (terhadap hewan ternak di Lamongan). Kami menunggu stok dari provinsi. Bukan kosong, tapi semuanya sudah divaksinkan," ujar Rahendra, saat dikonfirmasi, Senin (5/9/2022).

Rahendra mengaku, stok dosis vaksin terakhir diberikan kepada hewan ternak pada akhir Agustus. Saat ini, Pemkab Lamongan menunggu kiriman vaksin dari provinsi.

"Akhir Agustus (terakhir vaksinasi), rencana minggu kedua (September) ada pengiriman lagi," ucap Rahendra.

"Pendataan (hewan ternak) yang akan dilakukan vaksinasi. Mungkin ada permintaan dari (pihak) desa, maka data kepemilikan sapi dan identitas peternak harus jelas," kata Rahendra, yang juga medik veteriner di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan.

Pendataan penting dilakukan agar dosis vaksin PMK yang diterima dari provinsi tepat sasaran. 

"Karena sekali buka itu untuk 100 dosis, dan 100 sapi harus tervaksin, nggak boleh terbuang. Sambil kami berikan vitamin dan obat cacing untuk hewan ternak," tutur Rahendra.

Mengacu data yang dimiliki Satgas PMK di Lamongan sampai 5 September 2022 pukul 15.00 WIB, sebanyak 3.694 ekor hewan yang tertular dari 4.832 populasi di Lamongan.

Sebanyak 1.441 ekor di antaranya sembuh, 30 ekor mati, serta 2.107 ekor masih terpapar atau sakit.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/06/124446978/stok-vaksin-pmk-habis-sejak-agustus-pemkab-lamongan-tunggu-kiriman-provinsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke