Salin Artikel

Bau Sampah TPA Benowo Tercium di Stadion GBT, Ini Tindakan Pemkot Surabaya

Bau tak sedap itu bisa tercium karena jarak antara Stadion GBT dan TPA Benowo cukup dekat, sekitar satu kilometer.

Upaya menghilangkan bau tak sedap ini dilakukan sebelum dimulainya Piala AFC U20 2023.

Pertandingan Piala AFC U20 2023 akan digelar pada 14-18 September 2022. GBT menjadi tuan rumah pertandingan grup F yang diisi Timnas Indonesia, Hongkong, Vietnam, dan Timor Leste.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, ada sejumlah metode yang sudah dijalankan untuk menghilangkan bau sampah yang tercium di GBT. Salah satunya, penyemprotan mikro organisme generasi keenam (EM6).

"Yang perlu digarisbawahi adalah EM6 adalah mikro organisme, bukan zat kimia," kata Hebi di Kantor Diskominfo Surabaya, Jumat (2/9/2022).

"Kalau buffer zone itu kan terkait tanaman. Jadi itu mungkin baru akan tampak setelah dua tahun setelah ditanam," ujar dia.

Hebi menargetkan, bau sampah itu tak lagi tercium pada 6 September. 

Ia menargetkan pada tanggal 6 September, bau tidak sedap hilang dari kawasan tersebut.


Hebi menambahkan, tidak akan ada anggaran tambahan dari pemkot untuk penanganan bau sampah itu. Sebab, seluruh penanganan, termasuk geo membran dan buffer zone, menjadi tangggung jawab PLTSa.

"Pengelolanya yang tanggung jawab, termasuk geo membran dan buffer zone. Pemkot Surabaya tidak akan mengeluarkan penambahan anggaran," tutur Hebi.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan merespons kabar yang menyebut Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, urung jadi venue Piala Dunia U20 2023 yang akan digelar pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menegaskan, belum ada putusan dari FIFA. Oleh karena itu, GBT masih menjadi salah satu venue untuk pesta sepak bola level usia terakbar di dunia itu.

Selain GBT, ada lima stadion lainnya yang akan jadi venue Piala Dunia U-20 2023. Di antaranya, Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Jakabaring (Palembang).

"Belum ada keputusan. Nanti tunggu perkembangan, harus ada surat resmi dari FIFA," ujar Iwan Bule.

"Enam venue masih ada dalam form di FIFA, dan nanti kami tunggu, apa pun hasilnya tentu itu hak FIFA untuk bisa menentukan venue di mana dan sebagainya. Kami sudah maksimal," kata dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/03/071852778/bau-sampah-tpa-benowo-tercium-di-stadion-gbt-ini-tindakan-pemkot-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke