Salin Artikel

Sempat Suspek Cacar Monyet, Warga Lamongan Dinyatakan Negatif

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan, dr. Indra Tsani mengatakan, semula memang ada satu warga Lamongan yang berstatus suspek cacar monyet.

Menurutnya, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Setelah dilakukan pemeriksaan medis, pihak laboratorium menyatakan negatif.

"Kemarin memang ada satu orang dari Kecamatan Kembangbahu yang ditemukan suspek. Padahal dari riwayat, dia tidak memiliki catatan perjalanan dari luar negeri, hanya di Lamongan saja," ujar Indra, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (31/8/2022).

Atas dasar temuan tersebut, pasien kemudian menjalani pemeriksaan secara mendetail, termasuk pengujian yang dilakukan di laboratorium.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, yang bersangkutan dinyatakan negatif cacar monyet.

"Dari hasil pemeriksaan laboratorium dinyatakan negatif monkeypox, hanya cacar air biasa," ucap Indra.


Indra menjelaskan, kendati sudah dinyatakan negatif berdasar hasil pengujian di laboratorium, namun orang tersebut diwajibkan untuk tetap melakukan isolasi mandiri.

Termasuk, diawasi oleh tim medis.

Indra juga mengatakan, antisipasi penyebaran cacar monyet telah dilakukan.

Salah satunya dengan mengaktifkan agenda survelence Puskesmas-Puskesmas yang ada di Lamongan.

"Sebab monkeypox ini tidak perlu ruang isolasi tekanan negatif, isolasi mandiri sudah cukup. Survelence puskesmas ini bertujuan untuk mengawasi bila ada warga bergejala mirip cacar monyet, akan kami isolasi terpisah dan diambil darah untuk diperiksa di laboratorium," kata Indra.

Selain itu, Dinkes Lamongan juga meminta kepada para warga Lamongan yang memiliki gejala cacar, untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

"Kalau ada yang kena cacar, langsung saja ke faskes terdekat untuk dilakukan penanganan lanjutan. Tes PCR untuk mendeteksi, karena gejala monkeypox dan cacar air cukup mirip. Termasuk yang harus dimaksimalkan adalah hidup bersih dan sehat, karena semua orang punya potensi (terkena cacar monyet)," tutur Indra.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/31/132927078/sempat-suspek-cacar-monyet-warga-lamongan-dinyatakan-negatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke