Salin Artikel

Kembali Sekolah, Farel Prayoga Diminta Fokus Belajar

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Farel Prayoga, penyanyi cilik yang sukses menggoyang Istana Merdeka Jakarta pada peringatan HUT ke-77 RI, akhirnya kembali sekolah pada Senin (29/8/2022).

Bocah 12 tahun asal Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, itu diminta fokus untuk menunaikan tugas belajar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepala Sekolah SD Negeri 2 Kepundungan, Ambarwati membenarkan Farel Prayoga mulai masuk sekolah mulai Senin kemarin.

"Ya, mulai kemarin sudah aktif mengikuti kegiatan belajar lagi," kata Ambarwati saat ditemui Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Ambarwati tidak melarang Farel menyanyi, tetapi juga harus diimbangi dengan aktivitas akademik.

"Boleh manggung untuk menyanyi, silakan. Namun, di luar daripada jam sekolah," ujarnya.

"Kemarin waktu hari pertama sekolah bahkan Farel jadi pimpinan upacara bendera," imbuh Ambarwati.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, pendidikan Farel merupakan prioritas utama.

"Selain menyanyi, kami minta Farel juga melalui orangtuanya agar fokus terhadap sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno kepada Farel Prayoga saat bertemu di sekolahnya, Selasa (30/8/2022).

Suratno mempersilakan Farel untuk menyanyi di mana pun. Namun, dengan catatan aktivitasnya tersebut tidak menggangu kegiatan belajar di sekolah.

"Kami dukung karena ini bagian daripada menunjang bakat Farel. Tapi jangan lupa, waktunya sekolah ya sekolah. Sesuai janji Farel kepada Pak Jokowi dan Ibu Bupati," ujar Suratno.

"Syarat menjadi pilot itu juga harus melalui pendidikan yang berjenjang dulu. Makannya, Farel terus sekolah ya agar dapat lanjut ke jenjang yang lebih tinggi," harap Suratno.

Farel janji fokus sekolah

Farel yang didampingi oleh ayahnya, Joko Suyoto, mengamini apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno.

"Nggeh pak, saya siap sekolah," jawab Farel.

Farel juga berjanji untuk tidak bolos sekolah demi menyanyi. Sekolah menjadi prioritas utama Farel.

"Ya, saya pengen banget jadi pilot pak," ujar musisi cilik kelahiran 8 Agustus 2010 itu.

Joko Suyoto, ayah Farel juga siap mengarahkan dan mendampingi tumbuh kembang buah hatinya itu agar tetap bersekolah.

"Insyallah kami siap terus mengarahkan Farel," ujar Joko.

Farel Prayoga diketahui absen seminggu dalam kegiatan belajar di sekolah. Farel izin karena harus manggung ke luar kota.

Sukses goyang Istana

Farel sukses menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' di depan Presiden Jokowi, para menteri hingga tamu negara, saat perayaan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

Suara khas anak ketiga dari empat bersaudara itu sukses menggoyang semua orang yang berada di Istana.

Farel awalnya datang ke depan panggung utama, tempat Jokowi duduk. Dia kemudian melambaikan tangan kepada para tamu undangan di Istana.


Tak lama setelah itu, Farel langsung berdendang dengan lagu 'Ojo Dibandingke'. Menariknya, salah satu lirik lagu tersebut diubah dengan menyebut nama Jokowi.

"Ku berharap engkau mengerti, di hati ini hanya ada Pak Jokowi," begitu narasi penggalan lirik yang dinyanyikan oleh Farel.

Presiden Jokowi sontak terkejut mendengar nyanyian dari bocah Banyuwangi itu. Bahkan, tertawa lepas.

Yang membuat situasi tak biasa, para menteri termasuk tamu undangan ikut bergoyang saat mendengar suara Farel. Ibu negara Iriana Jokowi yang awalnya duduk, langsung berdiri ikut bergoyang.

Tak hanya itu, setelah nyanyian itu selesai, Farel mendapatkan sambutan meriah. Bahkan, undangan pun meminta Farel untuk bernyanyi sekali lagi dan foto bersama.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/30/164143978/kembali-sekolah-farel-prayoga-diminta-fokus-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke