Salin Artikel

20 Hektar Lahan di Lereng Gunung Penanggungan Terbakar

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Lereng Gunung Penanggungan di wilayah Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, terbakar, Minggu (28/8/2022). Kebakaran yang berlangsung selama kurang lebih 8 jam itu menyebabkan lahan dan tanaman reboisasi seluas 20 hektar rusak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat mengungkapkan, kebakaran terjadi sejak Minggu pagi. Saat itu, titik api berada persis di atas Candi Sinta.

Lokasi tersebut berada di sisi timur Gunung Bekel atau sebelah utara Puncak Pawitra Gunung Penanggungan pada ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Djoko mengatakan, api yang membakar lahan dan tanaman reboisasi seluas 20 hektar tersebut berhasil dipadamkan pada Minggu petang sekitar pukul 17.28 WIB.

“Minggu sore sudah berhasil dipadamkan. Semua petugas sudah turun,” ungkap Djoko saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Djoko menuturkan, petugas dan relawan masih menganalisis penyebab kebakaran, apakah karena faktor cuaca atau ulah tangan manusia.

Kawasan lereng Gunung Penanggungan yang terbakar, sebelumnya ditumbuhi ilalang dan tanaman reboisasi yang ditanam para relawan lingkungan hidup.

“Untuk penyebab kebakaran belum diketahui, masih dilakukan penyelidikan,” kata Djoko.

Sembari menunggu hasil penyelidikan terkait penyebab kebakaran, Djoko meminta para pendaki terus menjaga sikap ramah lingkungan, serta tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menyulut terjadinya kebakaran.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/29/193303578/20-hektar-lahan-di-lereng-gunung-penanggungan-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke