Salin Artikel

Praktik Prostitusi di Kawasan Bebekan Lumajang Masih Marak meski Sudah Dibongkar 3 Tahun Lalu

LUMAJANG, KOMPAS.com - Praktik prostitusi masih marak di kawasan Bebekan, Desa Kabuaran, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Padahal, Pemerintah Kabupaten Lumajang telah membongkar lokalisasi itu sekitar tiga tahun yang lalu.

Para Pekerja Seks Komersial (PSK) memanfaatkan deretan warung kopi sederhana di kawasan itu.

Pada Kamis (25/8/2022), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lumajang merazia kawasan itu. Hasilnya, petugas Satpol PP meringkus delapan orang perempuan PSK dan satu lelaki yang menjadi pelanggan.

Mereka terjaring saat berada di kawasan Bebekan. Bahkan, petugas sempat melakukan aksi kejar-kejaran dengan PSK yang lari ke ladang tebu.

Ada juga yang ditangkap saat sedang memadu kasih di bilik kecil berukuran 2x2 meter.

Kepala Satpol PP Lumajang, Matali Bilogo mengatakan, dalam razia kali ini, ia mendapati tiga orang yang sudah pernah ditangkap sebelumnya.

Ketiganya belum kapok meski kerap kali terjaring razia. Alasannya, terdesak kebutuhan ekonomi untuk menghidupi keluarganya.

"Ada sekitar tiga orang yang sudah sering kita tangkap tapi balik lagi jadi PSK, antara dua atau tiga kali kita tangkap," kata Matali di kantornya.

Usia produktif

Matali menyayangkan praktik prostitusi di kawasan itu karena rata-rata yang terjaring razia masih berusia antara 25-35 tahun.

Menurutnya, mereka masih ada pada usia produktif untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dibandingkan menjadi PSK.

Para PSK itu hanya mendapat Rp 75.000 - Rp 100.000 untuk sekali kencan.

"Rata-rata usia produktif, ini nanti tindak lanjutnya kita serahkan ke Dinsos untuk dilakukan pemetaan dan pengarahan yang lain," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/25/190055078/praktik-prostitusi-di-kawasan-bebekan-lumajang-masih-marak-meski-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke