Salin Artikel

Jokowi Luncurkan "Food Estate" Mangga di Gresik, Targetkan Hasilnya Diekspor ke China hingga Eropa

Jokowi berharap hasil food estate mangga nantinya dapat mendukung ketahanan pangan, tak hanya untuk kebutuhan domestik, melainkan juga dapat diekspor ke luar negeri. 

"Karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang. Ke Timur Tengah, China, Jepang, ke Eropa, saya kira banyak permintaan," ucap Jokowi kepada awak media, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan rombongan juga sempat menanam mangga secara simbolis bersama para petani di lokasi.

Termasuk menyaksikan langsung taxi alsintan yang dapat mendukung program pertanian berupa program pertanian modern yang dikembangkan. 

"Saya berada di Kabupaten Gresik untuk melakukan penanaman mangga, jadi kurang lebih total 1.000 hektar di empat kecamatan. Kita harapkan food estate ini, ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta, dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang ada dibangun di sini," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, food estate mangga bakal menjadi gambaran pilot project yang bakal dikembangkan di beberapa tempat lain di Indonesia yang mempunyai lahan mendukung terhadap agenda serupa.

"Nanti tidak hanya di Kabupaten Gresik, tapi juga kabupaten-kabupaten lain yang kira-kira memiliki kondisi lahan marginal, yang cocok untuk menanam mangga. Saya senang karena yang sudah tertanam di sini manajemen sudah baik, yang kita harap nanti ada pendampingan quality control dari buyer-nya sehingga level kualitasnya akan baik," kata Jokowi.

Sementara terkait akses logistik di Kabupaten Gresik yang tidak cukup lebar, Jokowi menyarankan, agar masyarakat menggunakan akses jalan tol jika menginginkan akses cepat bagi komoditas yang dikirim.

"Alternatif kan sudah diberikan, ada jalan lama, ada jalan provinsi, ada jalan kabupaten dan sekarang ada jalan tol. Kalau mau cepat ya lewat tol, jadi ada satu alternatif lagi, kalau mau logistik cepat ya lewat jalan tol," tutur Jokowi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/22/130733678/jokowi-luncurkan-food-estate-mangga-di-gresik-targetkan-hasilnya-diekspor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke