Salin Artikel

Kisah Afrisal, Pemain Timnas U-16, Ciptakan Gol Cantik Berkat Rutin Latihan Tendangan hingga 100 Kali

KOMPAS.com - Timnas U-16 Indonesia menjadi juara dalam Piala AFF U-16 2022.

Salah satu pemain Timnas U-16 Indonesia, Muhammad Rizky Afrisal, dielu-elukan warga saat pulang ke kampung halaman di Dusun Gapuk, Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Pemain bernomor punggung 25 ini turut berjasa mengantar Timnas ke final.

Di babak semifinal melawan Myanmar, Afrisal mencetak gol yang menjadi penyeimbang skor. Skuad Garuda Muda akhirnya melangkah ke partai final usai menang adu penalti.

Gol yang Afrisal lesakkan lewat tendangan bebas itu menjadi perbincangan di media sosial. Tak sedikit yang menganggap gol tersebut cantik.

Afrisal mengatakan, gol itu merupakan buah dari latihan keras yang ia lakoni setiap hari. Untuk dirinya, Afrisal kerap menjalani latihan yang menekankan pada menendang bola mati, cara membawa dan mengatur arah bola.

"Latihan terus. Kalau soal tendangan yang sampai viral itu, saya latihan terus. Latihan tendangan sampai 100 kali, itu dilakukan secara rutin berkali-kali," ujarnya, Sabtu (20/8/2022).

Ia menuturkan, tim pelatih mengarahkannya dengan cara tersebut agar upaya menjebol gawang lawan lebih mudah diwujudkan.

"Ya, agar ketika bertanding itu kita akan mudah cara mengarahkan bola ke gawang lawan," ucapnya.

Kesuksesan Afrisal tak luput dari peran orangtuanya.

Demi cita-cita sang buah hati yang ingin menjadi pesepakbola terkenal, ayah Afrisal, Solikan, tak segan mengantarkannya berangkat ke sekolah sepak bola, hingga merelakannya menimba ilmu sepak bola di Blitar, Jawa Timur.

Solikan menuturkan, keinginan anak bungsunya itu untuk bermain sepak bola sudah muncul sejak kecil.

Atas keberhasilan Afrisal mengantarkan Timnas U-16 Indonesia merengkuh Piala AFF U-16 2022, Solikan berpesan kepada anknya agar tetap rendah hati dan menjaga disiplin supaya karier sepak bolanya terus meningkat.

"Kami orangtua Afrisal tetap memberi semangat sambil berdoa. Dan pesan kami, jangan terlalu bangga dulu, syukuri, dan teruslah disiplin untuk menjadi apa yang diharapkan," ungkapnya.

Afrisal yang kini tengah pulang kampung, setibanya di rumah, langsung melakukan sujud syukur dan kemudian mencium kedua kaki orangtuanya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jombang, Moh. Syafi'i | Editor: Dheri Agriesta)

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/21/192000678/kisah-afrisal-pemain-timnas-u-16-ciptakan-gol-cantik-berkat-rutin-latihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke