Salin Artikel

Tepergok Bawa 936.800 Rokok Ilegal, Pengemudi Mobil Nekat Tabrak Kendaraan Petugas

KOMPAS.com - Sebuah mobil yang mengangkut ratusan ribu batang rokok ilegal senilai Rp 1,06 miliar berhasil diamankan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Kediri, Jawa Timur, Sabtu (20/8/2022). 

Aksi penangkapan di Kilometer 640 Tol Kertosono-Nganjuk itu sempat diwarnai ketegangan. Pelaku mencoba kabur dan nekat menabrak mobil petugas yang menghadangnya.

"Akibatnya kedua kendaraan oleng dan menabrak pembatas jalan," jelas Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan KPPBC Kediri, Agung Subarkah, dilansir dari Tribunnews.com.

Namun, usaha pelaku tersebut gagal. Petugas akhirnya berhasil mengamankan barang bukti rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) berbagai merk tanpa dilekati pita cukai sebanyak lebih kurang 936.800 batang.

Akibat praktik ilegal itu, kerugian negara mencapai Rp 724 juta. Pengemudi mobil dan kenek serta bukti rokok ilegal segera dibawa ke KPPBC Kediri guna penelitian lebih lanjut.


Kronologi

Agung menjelaskan, penindakan tersebut bermula dari adanya informasi intelijen yang mengindikasikan akan ada pengiriman rokok ilegal ke Jawa Barat.

Ratusan ribu batang rokok itu akan dibawa dengan mobil jenis minibus dari Jawa Timur melalui Jalan Tol Trans Jawa.Informasi itu segera ditindaklanjuti tim intelijen.

Lalu, tim penindakan Bea Cukai Kediri segera melakukan penyisiran dan menemukan kendaraan yang dimaksud sehingga dilakukan pengejaran hingga penangkapan. 

Agung menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam penangkapan itu. 

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul: Pembawa Rokok Ilegal Nekat Tabrak Mobil Petugas Bea Cukai Kediri di Tol Kertosono-Nganjuk

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/21/125109578/tepergok-bawa-936800-rokok-ilegal-pengemudi-mobil-nekat-tabrak-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke