Salin Artikel

Oknum Jaksa yang Digerebek di Hotel Jombang Jadi Tersangka Pencabulan

JOMBANG, KOMPAS.com - Oknum jaksa berinisial AH yang digerebek oleh tim gabungan di sebuah hotel di Jombang, Jawa Timur, Kamis (18/8/2022), ditetapkan sebagai tersangka pencabulan.

Sebelumnya, AH ditangkap karena diduga melakukan tindak asusila terhadap anak laki-laki di bawah umur. Dia diamankan polisi bersama seorang laki-laki di bawah umur yang diduga sebagai muncikari.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Jombang, AKP Giadi Nugraha mengungkapkan, setelah melakukan pemeriksaan intensif selama lebih dari 1x24 jam, penyidik menyimpulkan adanya unsur pelanggaran pidana pada perbuatan AH.

Pejabat di Kantor Kejaksaan Bojonegoro tersebut diduga melakukan pencabulan terhadap anak laki-laki yang kini duduk di bangku SMA di Kabupaten Jombang.

Perbuatan AH, jelas Giadi, memenuhi unsur pelanggaran pidana sebagaimana ketentuan Pasal 82 juncto 76 E Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Sampai dengan hari ini, kami sudah menetapkan dua tersangka. Untuk yang pertama, saudara AH, kita terapkan pasal tindak pidana pencabulan," kata Giadi di Mapolres Jombang, Jumat (19/8/2022).

Dia menjelaskan, AH saat ini ditahan di Rutan Polres Jombang. Atas perbuatannya, tersangka terancam hukuman minimal 5 tahun penjara dan atau maksimal 15 tahun penjara.

"Ancaman terhadap tersangka, minimal 5 tahun penjara atau maksimal 15 tahun penjara," ungkap Giadi.


Selain menetapkan oknum jaksa sebagai tersangka pencabulan, penyidik juga menetapkan seorang laki-laki berusia 17 tahun sebagai tersangka eksploitasi seksual anak.

Giadi mengatakan, anak tersebut juga ditahan di Rutan Polres Jombang serta menjalani pemeriksaan intensif.

Sebelumnya diberitakan, seorang jaksa berinisial AH digerebek tim gabungan dalam sebuah hotel di Jombang, Jawa Timur, Kamis (18/8/2022) dini hari. AH diduga melakukan tindak asusila kepada anak laki-laki di bawah umur.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengungkapkan, penggerebekan terhadap oknum jaksa tersebut berawal dari pengaduan orangtua korban ke petugas piket di Mapolres Jombang.

Berdasarkan aduan tersebut, sejumlah petugas melakukan pencarian terhadap korban. Korban dan oknum jaksa itu ditemukan di sebuah hotel di Jombang, Jawa Timur, Kamis (18/8/2022).

"Kemudian, didampingi oleh penyidik dari Unit Serse (Reskrim Polres Jombang) mencari keberadaan yang bersangkutan dan ditemukan di suatu lokasi di daerah Jombang," ungkap Nurhidayat di Jombang, Kamis petang.

Setelah menemukannya, petugas membawa jaksa itu ke Mapolres Jombang. Polisi juga menyita sejumlah barang bukti dari penangkapan itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/19/143321178/oknum-jaksa-yang-digerebek-di-hotel-jombang-jadi-tersangka-pencabulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke