Salin Artikel

HUT Ke-77 RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Gili Labak Sumenep

SUMENEP, KOMPAS.com - Bendera merah putih dikibarkan di bawah laut saat puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Perairan Pulau Gili Labak, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (17/8/2022).

Selain dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi, kegiatan itu sebagai bentuk promosi destinasi wisata Gili Labak yang memiliki keindahan alam, termasuk daya pikat terumbu karang.

"Tujuan utamanya tentu dalam rangka HUT ke-77 Indonesia, selain itu kami juga ingin menunjukkan bahwa Gili Labak merupakan salah satu destinasi terbaik di Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sumenep, M Iksan, Rabu (17/8/2022).

Iksan menjelaskan, sebanyak 20 penyelam dari Tim Diver Blue Marline Diving Club Surabaya, Jawa Timur, terlibat dalam kegiatan tersebut.

Layaknya upacara di lapangan atau halaman alun-alun, prosesi pengibaran bendera merah putih juga melibatkan petugas paskibra. Bedanya, mereka dilengkapi dengan peralatan menyelam sebab prosesi pengibaran bendera merah putih dilakukan dari dasar laut.

Seluruh tim penyelam juga menggunakan baju khas Madura dengan warna merah putih bermotif loreng.

"Kami ingin menunjukkan kepada dunia luar bahwa Gili Labak memiliki potensi wisata, baik pulau atau pun dasar launtya yang begitu indah. Sudah saatnya potensi ini dikenalkan kepada seluruh dunia," kata Iksan.

Iksan memastikan, kegiatan tersebut berjalan lancar. Cuaca atau pun kondisi air di dalam laut juga sangat mendukung.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/17/133632978/hut-ke-77-ri-bendera-merah-putih-berkibar-di-dasar-laut-gili-labak-sumenep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke